PENGARUH PENGGUNAAN METODE LAUHUN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMORI DALAM MENGHAFAL AL - QUR‘AN SISWA KELAS XI MA MIFTAHUL ULUM SIDOMUKTI

Authors

  • Siti Raudatus Syarifah
  • I Wayan Wesa Atmaja
  • Abdul Muis

Keywords:

Metode Lauhun, Motivasi Belajar, Kemampuan Memori

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal yang ingin mengetahui penggunaan metode lauhun pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan kemampuan memori dalam menghafal  Al – Qur’an siswa kelas XI MA Miftahul Ulum Sidomukti. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) adakah pengaruh penggunaan metode lauhun terhadap motivasi belajar?, 2) adakah pengaruh penggunaan metode lauhun terhadap  kemampuan memori?, 3) adakah pengaruh penggunaan metode lauhun terhadap motivasi belajar dan kemampuan memori secara bersama – sama?. Tujuan : 1) menguji adakah pengaruh penggunaan metode lauhun terhadap motivasi belajar, 2) menguji adakah pengaruh penggunaan metode lauhun terhadap  kemampuan memori. 3) adakah pengaruh penggunaan metode lauhun terhadap motivasi belajar dan kemampuan memori secara bersama – samaHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari variable Metode Lauhun terhadap Motivasi Belajar 0.000, kesimpulan sig (2-tailed) >0,05 berarti terdapat pengaruh Metode Lauhun terhadap Motivasi Belajar. 2) nilai sig. dari variable Metode Lauhun terhadap Kemampuan Memori >0,05 kesimpulan sig 0,000. berarti terdapat pengaruh Metode Lauhun terhadap Kemampuan Memori. 3). Hasil output uji manova dari nilai sig 0,000. dari variable Metode Lauhun terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Memori. Diperoleh F- hitung 10.733 dengan sig. 0,000, karena >0,05 maka terdapat pengaruh Metode Lauhun terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Memori secara bersama – sama. Saran yang diajukan agar para guru menerapkan pembelajaran hafalan Al – Qur’an dengan menggunakan Metode Lauhun karena dapat meningkat Motivasi Belajar dan Kemampuan Memori.

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Syarifah, S. R., Atmaja, I. W. W., & Muis, A. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN METODE LAUHUN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMORI DALAM MENGHAFAL AL - QUR‘AN SISWA KELAS XI MA MIFTAHUL ULUM SIDOMUKTI. Journal of Education Technology and Inovation, 4(2), 80–86. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jeti/article/view/603

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>