PENGARUH METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIFITAS DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMK MADINATUL ULUM KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER PADA MATA PELAJAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Contextual teaching and Learning, Aktifitas, Minat BelajarAbstract
Metode Pmebelajaran sangat menentukan pada hasil belajar mata pelajaran tertentu. Meteode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diharapkan memberikan pengaruh tertentu terhadap aktifitas dan minat belajar siswa merupakan inti dari penelitian ini.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) adakah pengaruh yang signifikan metode pembelajaran CTL terhadap aktifitas dan Minat Belajar? 2) adakah pengaruh Metode Contextual teaching and Learning terhadap aktifitas belajar? 3) adakah pengaruh Metode Contexual Teaching and Learning terhadap minat belajar?
Tujuan: 1) Menguji pengaruh yang signifikan Metode Contextual Teaching and Learning Terhadap Aktifitas dan Minat Belajar, 2) Menguji pengaruh yang signifikan Metode Contextual Teaching and Learning Terhadap Aktifitas Belajar, 3) Menguji pengaruh yang signifikan Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Minat Belajar.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK MAdinatul Ulum Jenggawah Jember dengan jumlah 19 siswa, daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Alat pengumpul data menggunakan tes serta metode mampu dokumentasi dan wawancara. Uji analisis instrumen menggunakan: 1) Angket 2) Interview 3) Observasi 4) Dokumenter Uji hipotesis dengan anlalisis regresi berganda menggunakan SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) signifikansi 0,018 (? 0,05) artinya ada pengaruh yang signifikan metode CTL terhadap aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agam Islam, 2) signifikan 0,016 (? 0,05) artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap aktifitas dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 3) signifikan interaksi antara CTL dan aktifitas terhadap minat belajar adalah 0,491 ( ?0,05) artinya ada interaksi (pengaruh bersama-sama) antara metode pembelajaran CTL,aktifitas dan minat secara berasama-sama terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Saran yang diajukan agar pendidik menerapkan metode pembelajaran CTL dan analisa kemampuan memori dengan mempertimbangkan karakteristik materi pembelajaran sehingga dengan upaya tersebut diharapkan akan memicu capaian semangat aktifitas dan minat belajar yang baik.