PENGARUH METODE ANALOGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ANATOMI FISIOLOGI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019 SMK ANALIS MEDIKA FARMA KALISAT

THE EFFECT OF ANALOGY METHODS ON ANATOMY AND PHYSIOLOGICAL LEARNING OUTCOMES OF CLASS X STUDENTS EVEN SEMESTER FOR 2018/2019 ACADEMIC YEAR VOCATIONAL SCHOOL OF ANALIS MEDIKA FARMA KALISAT

Authors

  • Firjon Separtagus Wal Habby
  • I Wayan Wesa Atmaja
  • Waris Waris

Keywords:

Metode Analogi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal yang ingin mengetahui pengaruh metode analogi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas 10 pada mata pelajaran anatomi fisiologi semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SMK Kesehatan Analis Medika Farma Kalisat Jember.

Permasalahan yang dapat dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) adalah pengaruh metode analogi terhadap motivasi belajar? 2) adalah pengaruh metode analogi terhadap hasil belajar? dan 3) adalah pengaruh metode analogi terhadap motivasi dan hasil belajar secara bersama-sama? Tujuan: 1) menguji adakah pengaruh metode analogi terhadap motivasi belajar, 2) menguji adakah pengaruh metode analogi terhadap hasil belajar, 3) menguji adakah pengaruh metode analogi terhadap motivasi dan hasil belajar secara bersama-sama.

Responden penelitian ini adalah siswa kelas 10 pada mata pelajaran Anatomi Fisiologi semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SMK Kesehatan Analis Medika Farma Kalisat Jember dengan jumlah 80, daerah penelitian tersebut ditentukan oleh metode purposive sampling. Penelitian itu merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Untuk pengumpulan data tersebut menggunakan angket, tes serta metode bantu dokumentasi dan wawancara. Derajad valid dan reliabel alat dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji analisis instrumen yang digunakan: 1) uji deskriptif, 2) uji normalitas, 3) uji homogenitas, 4) uji multikolinieritas.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari variabel pengaruh metode analogi terhadap motivasi belajar 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, berarti terdapat pengaruh metode analogi terhadap motivasi belajar, 2) nilai sig. dari variabel pengaruh metode analogi terhadap hasil belajar adalah 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, ini berarti terdapat pengaruh metode analogi terhadap hasil belajar, 3) hasil output analisis regresi diperoleh  Fhitung 31.654 dengan sig. 0,000, karena >0,05 maka terjadi pengaruh metode analogi terhadap motivasi dan hasil belajar secara bersama-sama.

Saran dari penelitian ini adalah agar metode analogi dapat diterapkan pada mata pelajaran sains dengan memperhatikan motivasi belajar sehingga akan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar.

Downloads

Published

2020-08-03

How to Cite

Wal Habby, F. S., Atmaja, I. W. W., & Waris, W. (2020). PENGARUH METODE ANALOGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ANATOMI FISIOLOGI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019 SMK ANALIS MEDIKA FARMA KALISAT: THE EFFECT OF ANALOGY METHODS ON ANATOMY AND PHYSIOLOGICAL LEARNING OUTCOMES OF CLASS X STUDENTS EVEN SEMESTER FOR 2018/2019 ACADEMIC YEAR VOCATIONAL SCHOOL OF ANALIS MEDIKA FARMA KALISAT. Journal of Education Technology and Inovation, 3(1), 44–53. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jeti/article/view/519

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>