PENGARUH METODE LEMPAR BOLA PERTANYAAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS VII DI SMPN 13 JEMBER

Authors

  • Ratna Wahyuni
  • M. Rudy Sumiharsono
  • Muljono Muljono

Keywords:

Metode Lempar Bola Pertanyaan, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal yang ingin mengetahui pengaruh metode pembelajaran lempar bola pertanyaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn kelas VII SMPN 13 Jember Semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019.

Responden penelitian ini adalah kelas VII SMPN 13 Jember Semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 80 anak, daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Alat pengumpul data menggunakan angket, tes serta metode bantu dokumentasi dan wawancara. Derajad valid dan reliabel alat dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji analisis instrumen menggunakan: 1) uji deskriptif, 2) uji normalitas, 3) uji homogenitas. Uji hipotesis dengan: 1) uji t dan 2) uji F.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari variabel metode pembelajaran lempar bola pertanyaan terhadap hasil belajar 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, berarti terdapat pengaruh metode pembelajaran lempar bola pertanyaan terhadap hasil belajar, 2) nilai sig. dari variabel pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, ini berarti terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, 3) hasil output analisis regresi diperoleh  Fhitung 31.654 dengan sig. 0,000, karena >0,05 maka terdapat pengaruh metode pembelajaran lempar bola pertanyaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar secara bersama-sama.

Saran yang diajukan agar para guru dapat menerapakan metode pembelajaran lempar bola pertanyaan dan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Published

2020-08-03

How to Cite

Wahyuni, R., Sumiharsono, M. R., & Muljono, M. (2020). PENGARUH METODE LEMPAR BOLA PERTANYAAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS VII DI SMPN 13 JEMBER. Journal of Education Technology and Inovation, 3(1), 84–97. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jeti/article/view/572

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>