PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN FISIK MOTORIK ANAK DI TK PGRI BHAKTI LESTARI KABUPATEN JEMBER
Keywords:
Model Pembelajaran Kontekstual, Perkembangan Kognitif, Perkembangan Fisik MotorikAbstract
Lebih dari 50% dari 40 peserta didik memiliki catatan perkembangan kognitif dan fisik motorik, belum berkembang sesuai harapan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, model pembelajaran kontekstual diyakini mempunyai pengaruh terhadap perkembangan kognitif dan perkembangan fisik motorik anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal, dengan responden 40 anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Bhakti Lestari Kabupaten Jember semester genap tahun pelajaran 2019-2020. Daerah penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap perkembangan kognitif (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap perkembangan fisik motorik (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap perkembangan kognitif dan fisik motorik. Didapat nilai korelasi perkembangan kognitif adalah 0,97 dengan sig (2-tailed) = 0,00 <0,05 dan nilai korelasi perkembangan fisik motorik adalah 0,908 dengan sig (2-tailed) = 0,00 < 0,05. Karena nilai korelasi variabel perkembangan kognitif dan perkembangan fisik motorik sama-sama > 0,60 dan nilai sig (2-tailed) < 0,05 maka hipotesis kerja diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap perkembangan kognitif dan perkembangan fisik motorik anak.