PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ANIMASI

Authors

  • Nur Hesti Pratiwi
  • Kustiyowati Kustiyowati
  • Muljono Muljono

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Android, Smart Apps Creator

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan Smart Apps Creator pada pelajaran Animasi merupakan proses pengembangan media yang menggunakan Hand Phone agar pembelajaran tidak nampak monoton dan media pembelajaran berbasis android dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Media pembelajaran ini secara visual dan grafis dapat membuat siswa lebih tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan merancang media android, membuat aplikasi pembelajaran, dan menentukan kelayakan media. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian Borg and Gall's R & D. Model pengembangan menggunakan 10 tahap, namun tahap pengembangan dipersingkat menjadi 7 tahap, meliputi: (1) tahap penelitian awal dan pengumpulan informasi, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan format produk awal, (4) penyiapan media (5) tahap uji coba awal dengan validasi, (6) tahap revisi produk, (7) tahap uji coba lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data didapatkan persentase hasil validasi ahli media sebesar 83% tergolong Layak, hasil validasi oleh ahli materi sebesar 88% tergolong sangat layak, hasil Dari hasil uji skala individu 85,6% tergolong sangat layak, hasil uji skala kecil 87% tergolong sangat layak, hasil uji skala besar 92% tergolong sangat layak, Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan sehingga media pembelajaran berbasis Andoid ini sangat cocok digunakan untuk pembelajaran animasi.

Downloads

Published

2021-08-02

How to Cite

Pratiwi, N. H., Kustiyowati, K., & Muljono, M. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ANIMASI. Journal of Education Technology and Inovation, 4(1), 57–64. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jeti/article/view/591

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>