PENGARUH MODEL AKTUALISASI EKSTRAKURIKULER WAJIB PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DI SMPN 3 JEMBER

Authors

  • Akhmad Nawawi IKIP PGRI Jember
  • M. Rudy Sumiharsono IKIP PGRI Jember
  • Makmuri Makmuri IKIP PGRI Jember

Keywords:

model aktualisasi, ekstrakurikuler, kepramukaan, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal yang ingin mengetahui Pengaruh model aktualisasi Ekstrakurikuler Wajib terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Mapel IPA siswa kelas VII di SMPN 3 Jember Semester Genap Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Permasalahan yang dikaji didalam suatu penelitian adalah: 1) Apakah ada pengaruh tentang model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap motivasi belajar, 2) Apakah ada pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap hasil belajar, 3) Apakah ada tpengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan secara bersama-sama erhadap motivasi belaja dan hasil belajar.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap motiavsi belajar, 2) Pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap hasil belajar, 3) Pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dan hasil belajar.

Responden penelitian ini adalah Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII di SMPN 3 Jember R 7 A dan 7 B sejumlah 56 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2018-2019,penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Alat pengumpul data menggunakan adalah 1) Observasi (pengamatan), 2) Interview (wawancara), 3) Kuesioner (angket) dan 4) Dokumentasi. Reliabel alat dan derajad valid  dengan uji reliabilitas dan validitas. Uji analisis instrumen menggunakan: 1) uji normalitas, 2) uji homogenitas, 3) uji deskriptif. Uji hipotesis dengan: Tests of Between – Subjects Effects.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) denganHasil F3,113 pada T hitung taraf signifikansi 0,069. Karena hasil uji sig. t ? 0.05 maka H0 ditolak artinya hipotesis nihil ditolak sehingga berlaku hipotesis kerja (Ha): Ada pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap motivasi belajar, 2) Hasil F 3,113 pada T hitung taraf signifikansi 0,093. Karena hasil uji sig. t ? 0.05 maka H0 ditolak artinya hipotesis nihil ditolak sehingga berlaku hipotesis kerja (Ha): Ada pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap hasil belajar, 3) Hasil F 3,113 pada T hitung taraf signifikansi 0,078. Karena hasil uji sig. t ? 0.05 maka H0 ditolak artinya hipotesis nihil ditolak sehingga berlaku hipotesis kerja (Ha): ada pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dan hasil belajar.

Saran dari penelitian ini bagi siswa diharapkan dapat menerapkan penggunaan model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan sebagai media pembelajaran sehingga akan memperoleh motivasi belajar dan hasil belajar maksimal.

Downloads

Published

2020-08-03

How to Cite

Nawawi, A., Sumiharsono, M. R., & Makmuri, M. (2020). PENGARUH MODEL AKTUALISASI EKSTRAKURIKULER WAJIB PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DI SMPN 3 JEMBER. Journal of Education Technology and Inovation, 3(1), 69–83. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jeti/article/view/428

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>