PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MTS SYIRKAH SALAFIYAH JENGGAWAH

THE EFFECT OF JIGSAW COOPERATIVE LEARNING MODELS AND LEARNING MOTIVATION ON CLASS VII STUDENT LEARNING OUTCOMES IN PPKN AT MTS SYIRKAH SALAFIYAH JENGGAWAH

Authors

  • Hafidz Hafidz
  • M. Rudy Sumiharsono
  • Waris Waris

Keywords:

Model Pembelajaran Jigsaw, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal bermaksud untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah.

Dalam penelitian ini yang dikaji adalah: 1) adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar? 2) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, dan 3) adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan motivasi belajar terhadap hasil belajar secara bersama-sama? Tujuan: 1) menguji adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar, 2) menguji adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, 3) menguji adakah pengaruhmodel pembelajaran kooperatif Jigsaw dan motivasi belajar terhadap hasil belajar secara bersama-sama.

Responden penelitian ini adalah siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn semester genap tahun pelajaran 2018-2019 di MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah dengan jumlah 42 anak, lokasi penelitian dipilih dengan metode purpose sampling. Penelitian ini disebut kuantitatif dengan desain kausal. Data yang dikumpulkan dengan cara menggunakan angket, tes dan metode bantu dokumentasi serta wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari variabel model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar.011a, kesimpulan sig. < 0,05, berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar, 2)nilai sig. dari variabel pengaruh pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah .000a, kesimpulan sig. < 0,05, ini berarti terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, 3) hasil output analisis regresi diperoleh Fhitung 15.247 dengan sig. .000a, karena <0,05 maka terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan motivasi belajar terhadap hasil belajar secara bersama-sama.

Downloads

Published

2021-12-03

How to Cite

Hafidz, H., Sumiharsono, M. R., & Waris, W. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MTS SYIRKAH SALAFIYAH JENGGAWAH: THE EFFECT OF JIGSAW COOPERATIVE LEARNING MODELS AND LEARNING MOTIVATION ON CLASS VII STUDENT LEARNING OUTCOMES IN PPKN AT MTS SYIRKAH SALAFIYAH JENGGAWAH. Journal of Education Technology and Inovation, 3(1), 16–28. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jeti/article/view/520

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>