PENILAIAN AUTENTIK MELALUI LITERASI DIGITAL MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SD NEGERI SIDOMULYO O5 SILO KABUPATEN JEMBER
Keywords:
Penilaian Autentik, Literasi Digital, Google ClassroomAbstract
Dalam upaya memberikan pengalaman yang bermakna kepada peserta didik, diperlukan suatu rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan lingkungan sekitar siswa (kearifan lokal). Dengan belajar dari lingkungan sehari-hari diharapkan siswa lebih mudah dalam memaknai sesuatu secara konkrit. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah penilaian autentik melalui literasi digital menggunakan google classroom dalam pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal pada Kelas VI Tahun Pelajaran 2020-2021 di SD Negeri Sidomulyo 05 Silo Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan menganalisis tentang rancangan pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal melalui literasi digital menggunakan google classroom, dan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal melalui literasi digital menggunakan google classroom, serta untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal dengan penilaian autentik melalui literasi digital menggunakan google classroom.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan sendiri oleh peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan kriteria kredibilitas yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal sebagai sumber informasi dalam literasi digital mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik sehingga penilaian autentik pada berbagai aspek baik sikap spiritual maupun sikap sosial, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat dipantau dengan mudah menggunakan google classroom.