PERBANDINGAN PENGARUH METODE FIELDTRIP, METODE DISKUSI DAN PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA ASING ASAL THAILAND DI UNIVERSITAS ISLAM JEMBER TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Authors

  • Miftahul hakim IKIP PGRI Jember
  • Maryono Maryono IKIP PGRI Jember
  • Rudi Sumiharsono IKIP PGRI Jember

Keywords:

metode field trip, metode diskusi, Motivasi belajar, Kemampuan menulis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan metode fieldtrip dan pemberian  motivasi belajar terhadap kemampuan menulis mahasiswa asing asal Thailand di Universitas Islam Jember. 2) pengaruh penggunaan metode diskusi dan pemberian motivasi terhadap kemampuan menulis kemampuan menulis mahasiswa asing asal Thailand di Universitas Islam Jember.3) perbandingan pengaruh metode fild trip dengan metode diskusi  terhadap kemampuan menulis mahasiswa asing asal Thailand di Universitas Islam Jember

Metode penelitian yang digunakan adalah metode komporatif eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan bulan 1 Maret 2017 sampai dengan 30 Juli 2017. Penentuan daerah penelitian menggunakan porposive sample yaitu di Universitas Islam Jember, penentuan sampling penelitian menggunakan population research, sedangkan jumlah populasi berjumlah 30 mahasiswa dengan sampel 30 mahasiswa yang terdiri dari 14 laki dan 16 mahasiswa perempuan. 

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa tes, angket/kuesioner, wawancara dan obsevasi, Instrumen Penelitian dengan menggunakan tes kemampuan menulis berbentuk pilihan urain 20 item soal, metode analisa datanya terdiri dari Uji intrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas  dilanjutkan dengan uji prasarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas untuk uji hipotesis menggunakan uji   analisi regresi linier berganda.

Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode field Trip dan pemberian motivasi terhadap kemampuan menulis mahasiswa asing asal Thailand di Univeristas Islam Jember (2) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode diskusi dan pemberian motivasi terhadap kemampuan menulis mahasiswa asing asal Thailand di Univeristas Islam Jember (3) ada perbedaan kemampuan menulis mahasiswa yang signifikan antara yang menggunakan metode field trip dan pemberian motivasi belajar dengan menggunakan metode diskusi dan pemberian motivasi belajar

Downloads

Published

2018-09-18

How to Cite

hakim, M., Maryono, M., & Sumiharsono, R. (2018). PERBANDINGAN PENGARUH METODE FIELDTRIP, METODE DISKUSI DAN PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA ASING ASAL THAILAND DI UNIVERSITAS ISLAM JEMBER TAHUN AKADEMIK 2016/2017. Journal of Education Technology and Inovation, 1(1), 33–46. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jeti/article/view/96

Issue

Section

Articles