PERBANDINGAN NILAI UJIAN MADRASAH AQIDAH AKHLAK ANTARA KURIKULUM KTSP DAN KURIKULUM 2013 DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS UJI INDEPENDENT SAMPLE T-TEST (STUDI KASUS SISWA KELAS VI MI AL-HAMIDI JEMBER)

Authors

  • Audia Dwi Retno Wulandari Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Dewi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Fita Fatimah Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/estimator.v3i1.2503

Keywords:

Kurikulum Pendidikan, Independet Sample Test

Abstract

Penelitian ini menyampaikan hasil analisis uji Independent Sample T – Test pada nilai Ujian Madrasah mata pelajaran Aqidah Akhlak pasa siswa kelas VI MI Al – Hamidi Jember. Analisis yang dilakukan adalah membandingkan nilai ujian Aqidah Akhlak pada dua kurikulum yang berbeda, yaitu Kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. Pada analisis uji Independent Sample T-Test yang dilakukan terdapat beberapa tahapan, yaitu normality test (uji normalitas), homogenity test (uji homogenitas) dan uji independent sample test. Hasil analisis yang didapatkan adalah ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara hasil belajar siswa pada Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013.

References

Aljufri, S. A. Z. (2015). Studi Komparasi Ktsp Dengan Kurikulum 2013 Di Mtsn Gubukrubuh Playen Gunungkidul Yogyakarta (Analisis Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Oviyanti, F., Hapida, Y., & Utami, S. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Ktsp Pada Mata Pelajaran Ipa Di Mtsn 1 Palembang Dan Smpn 19 Palembang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 5, No. 1, pp. 102-112).

Rosmani, R., & Halim, A. (2017). Analisis Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Terhadap Penerapan KTSP Dan Kurikulum 2013 Di Beberapa Sekolah Favorit Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 94-101.

Hidayat, R., & Abdillah, A. (2019). Ilmu pendidikan: konsep, teori dan aplikasinya.

Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum: Sebuah kajian teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Ain, N., & Kurniawati, M. (2013). Implementasi kurikulum KTSP: Pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 3(2).

Pratycia, A., Putra, A. D., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58-64.

Dasar – dasar Statistik Penelitian. (https://mplk.politanikoe.ac.id/images/STATISTIKA/008-Uji_T_t-Test.pdf)

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Wulandari, A. D. R., Mashitasari, D. ., & Fatimah, F. (2025). PERBANDINGAN NILAI UJIAN MADRASAH AQIDAH AKHLAK ANTARA KURIKULUM KTSP DAN KURIKULUM 2013 DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS UJI INDEPENDENT SAMPLE T-TEST (STUDI KASUS SISWA KELAS VI MI AL-HAMIDI JEMBER). ESTIMATOR : Journal of Applied Statistics, Mathematics, and Data Science, 3(1), 47–57. https://doi.org/10.31537/estimator.v3i1.2503

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>