PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DENGAN UJI KRUSKAL WALLIS
DOI:
https://doi.org/10.31537/estimator.v1i2.1516Keywords:
hasil belajar, Kruskal-wallis, sistem reproduksi manusiaAbstract
Kita dapat mengatakan pembelajaran berhasil apabila tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat terpenuhi, hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar yang baik. Hasil belajar dapat dipahami sebagai hasil dari proses belajar mengajar yang digunakan untuk menentukan berhasil atau tidaknya suatu program pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan capaian hasil belajar siswa kelas IX pada materi sistem reproduksi manusia. Guru dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai masukan untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini termasuk penelitian komparatif dengan membandingkan rerata hasil belajar siswa kelas IX pada materi sistem reproduksi manusia. Analisis data yang digunakan adalah uji Kruskal-Wallis dengan pertimbangan bahwa data yang dianalisis tidak berdistribusi normal, berasal dari lebih dari 2 kelompok data dan data tidak berpasangan. Berdasarkan hasil uji Kruskal-Wallis yang telah dilakukan diketahui nilai Asymp. Sig 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas IX-A, IX-C, IX-F, dan IX-G pada materi sistem reproduksi manusia.
References
Aisyiyah, A. T. P., & Amrizal, A. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i4.20856
Alawiyin, E. K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Reproduksi pada Manusia melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan, 1 (2),400-417. https://doi.org/10.28926/jprp.v1i1.20
Anggraeni, L., Martin, F. P., Isnaeni, W., (2015). Efektivitas Metode Role Playing Berbantuan MEDISPRO Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia. Unnes Journal of Biology Education, 4 (3), 311-316.
Balami, A.M. (2014), Analisis Kai-Kuadrat Studi Kasus : Hubungan Pekerjaan Orang Tua, Asal SMA, Tempat Domisili dan Jalur Masuk UNPATTI Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura, Universitas Pattimura, Ambon.
Dimyati dan Mudjiono. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Fatimah, F. (2023). Studi Komparatif Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Dengan Uji Kruskal-Wallis. BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi, 5(1), 278-285.
Jamco, JCS & Balami, AM. (2022). Analisis Kruskal-Wallis Untuk Mengetahui Konsentrasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Bidang Minat Program Studi Statistika Fmipa UNPATTI. Parameter : Jurnal Matematika, Statistika Dan Terapannya. Vol 01 No 01, April 2022, Page 29-34.
Mahardika, M. S., Rachman, A. S., Budiretnani, D. A. (2023). Desain Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi Manusia Menggunakan Strategi Pembelajaran React Untuk Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran ke-6. (5 Agustus 2023)
Noviati, wiwi. (2020). Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 7–11. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.258
Nuroifah, B. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Sistem Reproduksi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Dawarlandong Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.
Ostertagova, E., Ostertag, O., & Ková?, J. (2014). Methodology and application of the Kruskal-Wallis test. In Applied Mechanics and Materials (Vol. 611, pp. 115-120). Trans Tech Publications Ltd.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1). https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Quraisy, A., Wahyuddin, Hasni, N. (2021). Analisis Kruskal-Wallis Terhadap Kemampuan Numerik Siswa. VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research, 3(3), 156-161.
Rahmadani, W., Harahap, F., & Gultom, T. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SMA Negeri Se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2). https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6546.
Sabri, Ahmad. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching.
Santoso, Singgih (2010), Statistik Non-Parametrik Konsep dan Aplikasi. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. 2016
Suryanti, E., Fitriani, A., Redjeki, S., & Riandi, R. (2019). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Biologi Molekuler Berstrategi Modified Free Inquiry. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 37–47. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3990
Syahdiani, Kardi, S., Sanjaya, I.G.M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 272-741.
Tamba, Y. R., Napitupulu, M. A., & Sidabukke, M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Hewan Invertebrata Di Kelas X. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.11321
Tanjung, A., Nur, F. A., Sari, N. S. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Di SMAN 10. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 151-156.