Studi Komparatif Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan dengan Uji Anova

Authors

  • Fita Fatimah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Dewi Mashitasari Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Abdul Ghofur Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/estimator.v1i1.1240

Keywords:

ANOVA, hasil belajar, sistem pencernaan

Abstract

Pembelajaran IPA dikatakan berhasil jika semua tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat terpenuhi, yang ditunjukkan dengan hasil belajar IPA. Hasil belajar dapat dipahami sebagai hasil dari proses belajar mengajar yang digunakan untuk menentukan berhasil atau tidaknya suatu program pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan capaianhasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan umpan balik bagi guru dalam mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan membandingkan rerata hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan. Data yang dianalisis hanya data yang berdistribusi normal.Uji statistik yang digunakan adalah uji ANOVA dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1) uji normalitas; (2) perbandingan nilai rata-rata; (3) uji homogenitas; (4) uji ANOVA. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa dari sepuluh kelas (VIII-A s/d VIII-J) hanya 3 kelas yang datanya berdistribusi normal dan homogen yaitu (VIII-A,VIII-E, dan VIII-I). Dari tiga kelas ini nilai rata-rata tertinggi diperoleh kelas VIII-E dengan nilai 79.3, sedangkan nilai rata-rata paling rendah diperoleh kelas VIII-A dengan nilai 77,3. Hasil uji Anova menunjukkan nilai sig 0.058 > 0,05 artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Kelas VIII-A, Kelas VIII-E, dan Kelas VIII-I pada materi sistem pencernaan.

References

Anggara, D.S & Anwar, S. StatistikaPendidikan. Pamulang : UNPAM PRESS, 2017

Arifin, Zaenal. EvaluasiPembelajaran. Bandung : Alfabeta.2010.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta,2009.

Arviansyah, R, Indrawati, &Harijanto, A. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Disertai LKS Audiovisual Terhadap Aktivitas dan Hasi lBelajar IPA Siswa Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.4 No.4, Maret 2016, hal 308 – 314.

Aulia, RN , Rahmawati, R & Permana, D. Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa Di Sekolah Dasar. Jurnal BELA INDIKA. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2020, hal1-9.

Fatimah. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 4 ISSN 2354-614X

Firdausy, dkk. Studi Komparatif Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Menggunakan LKS IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Kelas VIII SMPN 13 Padang. Jurnal Pillar of Physics Education, Vol 11. No 3, hal 33-40. 2018.

Jihad, A & Haris, A. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 2010.

Nesi, M & Akobiarek, M. Pengaruh Minat Dan Penggunaan Metode Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jayapura. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains Volume 1, Nomor 1, Juni 2018 e-ISSN : 2598-7453 DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i1.246

Raharjo, S. Cara Melakukan Analisis Anova Satu Faktor dengan SPSS. Diakses pada https://www.spssindonesia.com/2017/10/analisis-anova-satu-faktor-spss.html

Sudjana, N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.2013

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. 2016

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Fatimah, F., Mashitasari, D., & Ghofur, A. (2023). Studi Komparatif Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan dengan Uji Anova. ESTIMATOR : Journal of Applied Statistics, Mathematics, and Data Science, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31537/estimator.v1i1.1240

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)