Peningkatan Penggunaan Media PUBTAR dalam Pembelajaran Bangun Datar untuk Anak Tuna Daksa di SLB YPAC Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/amej.v1i1.2540Keywords:
PUBTAR, bangun datar, tuna daksa, pembelajaran matematika, media pembelajaran adaptif, universal design for learning, motorik halus, pendidikan inklusifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media PUBTAR (Puzzle Bangun Datar) dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bangun datar bagi siswa tuna daksa di SLB BCD YPAC Jember. Media ini dirancang secara khusus untuk menjawab tantangan pembelajaran bagi anak dengan keterbatasan motorik, visualisasi spasial, serta motivasi belajar yang rendah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media PUBTAR mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa, memperkuat pemahaman terhadap konsep bangun datar, serta memberikan dampak positif terhadap perkembangan motorik halus. Selain itu, media ini juga mampu menumbuhkan rasa percaya diri, kemandirian, dan respon emosional positif pada siswa. Aktivitas belajar menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan sesuai dengan prinsip Universal Design for Learning (UDL), yang memungkinkan semua siswa, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus, dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, media PUBTAR terbukti efektif sebagai media pembelajaran adaptif dan dapat direkomendasikan untuk digunakan baik di lingkungan pendidikan khusus maupun pembelajaran inklusif.