Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Kosakata Anak Usia Dini di TK Berdikari Sukorambi Jember

Authors

  • Holiya Holiya IKIP PGRI Jember
  • Fadil Djamali IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v2i1.468

Keywords:

Metode Bercerita, Kosa Kata, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode bercerita terhadap kosakata anak usia dini pada siswa kelompok A TK Berdikari, Sukorambi, Jember, Tahun Ajaran 2015 – 2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden yang digunakan sebanyak 15 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus Chi-Kuadrat, yaitu untuk mencari perbedaan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Artinya apakah ada atau tidak ada perbedaan antara variabel X dengan Y. berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa nilai X2 hitung (6,003) lebih besar (>) dari nilai X2 tabel (3,841).  Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap peningkatan kosakata anak usia dini pada siswa kelompok A TK Berdikari Jember.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.
Dowshen, S. M. D. et al. (2009). Cerdas Menjalin Komunikasi Dengan Anak. Yogyakarta: Pioner Media.
Gunarti, W. (2011). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hasan, M. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Press.
Hurlock, E. B. (1994). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Ed. Kelima. Jakarta: Erlangga.
Kemdikbud. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat.
Kridalaksana, H. (2007). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kurniasih, I. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Edukasia.
Kuswanto. (2011). Observasi (Pengamatan Langsung di Lapangan). http://klikbelajar.com/umum/observasi-pengamatan-langsung-dilapangan/ diakses tgl 24 Juli 2016 Jam 3.33 PM.
Musfiroh, T. (2011). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Santi, D. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini (Antara Teori dan Praktek). Jakarta: Indeks.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaodih, E. (2012). Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universiats Terbuka.
Wijana, W. D. et al. (2012). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Holiya, H., & Djamali, F. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Kosakata Anak Usia Dini di TK Berdikari Sukorambi Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31537/jecie.v2i1.468

Issue

Section

Articles