Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik Ikat Kepala “Odheng” pada Anak Kelompok B TK Roudlatul Ulum Madura

Authors

  • Wisnu Kristanto STKIP Bina Insan Mandiri
  • Alfina Citrasukmawati STKIP Bina Insan Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1509

Keywords:

Motorik Halus, Odheng, Pendidikan Anak Usia Dini, Budaya Lokal, Taman Kanak-kanak

Abstract

Berdasarkan hasil data penilaian pada raport akhir tahun 2022, nampak bahwa kemampuan motorik halus di TK ROUDLATUL ULUM masih dikatakan kurang berkembang dengan maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti ingin memberikan kegiatan main dengan memberikan media pembelajaran inovatif yaitu dengan membatik Odheng. Karena dengan kegiatan membatik Odheng diharapkan anak akan tertarik dan menumbuhkan minat anak untuk melakukan kegiatan pengembangan motorik halus. Dari hasil pengamatan dan refleksi yang diperoleh dari pengumpulan data tersebut menunjukkan bahwa dengan kegiatan membatik ikat kepala “Odheng” telah mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak dan telah memenuhi hasil yang  diharapkan oleh peneliti. Penerapan kegiatan membatik ikat kepala “Odheng” mampu meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis penelitian yang didapatkan bahwa rata-rata tingkat capaian perkembangan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kreasi kegiatan membatik ikat kepala “Odheng” pada anak yang sebelumnya hanya pada prasiklus hanya mencapai 30% dari 17 anak. Dari 17 anak yang tuntas hanya 7 anak dan 10 anak tidak tuntas, setelah mendapat pembelajaran dengan kreasi kegiatan membatik ikat kepala “Odheng”, mengalami peningkatan pada Siklus I dengan mencapai hasil sebesar 53%, dengan 8 anak yang tuntas. Dan meningkat lagi setelah mendapat pembelajaran dengan kegiatan membatik ikat kepala “Odheng” pada Siklus II menjadi 94% dengan 14 yang tuntas dari 17 anak.

References

Karmila, Wahida. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Polaris di Kelompok A TK Muslimat NU Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak. Volume 1, No. 1, April 2022, 36-49.

Ruri Ratni Oktaviyani, Laiya Sri Wahyuningsi, Ardini Pupung Puspa Ardini. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas. JAMBURA Early Childhood Education Journal. Vol. (2) (1), (Januari) (2020), (Halaman) (85-91).

Sukadiyanto. (1997). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mencocok Pola Gambar. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Vol. 2, No. 1, Maret 2019.

Sumantri. (2005). Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.

Warnida. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B1 TK Berkah Kota Jambi Tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya 9(1): 132.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Kristanto, W., & Citrasukmawati, A. . (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik Ikat Kepala “Odheng” pada Anak Kelompok B TK Roudlatul Ulum Madura. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 231–235. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1509

Issue

Section

Articles