Analisis Kelayakan Media Kalender dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini

Authors

  • Sifa Sani Umaya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nuraly Masum Aprily Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1607

Keywords:

media; kalender; membaca; anak; meningkatkan

Abstract

Membaca merupakan salah satu kemampuan yang harus di kembangkan dalam perkembangan bahasa anak pada saat belajar membaca akan lebih menyenangkan jika menggunakan media. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media kaleder. Dengan media kalender diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kelayakan penggunaan media kalender dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu metode studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bahwa media kalender dikatakan layak untuk meningkatkan kemampuan membaca anak ataupun layak digunakan untuk pembelajaran membaca, dilihat dari beberapa penelitian sebelumnya yang meneliti mengenai mengembangkan media kalender hasilnya nilai yang diberikan pada media kalender yaitu layak dan bahkan ada yang sampai mendapatkan sangat layak, ini menunjukan bahwa kelayakan media kalender dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini diakui kelayakannya, Berdasarkan beberapa penelitian tersebut, kita dapat melihat bahwa media kalender dikatakan layak untuk meningkatkan kemampuan membaca anak ataupun layak digunakan untuk pembelajaran membaca.

References

ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY Adhimah, I., Nurhidayati, & Kholidah, L. N. (2018). Pengembangan Media Kalender Huruf Hijaiyyah Untuk Pembelajaran Membaca Huruf Arab Bagi Siswa Tunarungu. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV, 200–211.

Anggraini, N., Fauzi, T., & Sari, M. (2022). Pengembangan Media KALTEM (Kalender Tema) terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Ayu Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 115–130. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.995

Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594

Fauziah, I., Yuwono, J., & Mulia, D. (2018). Penggunaan Media Kalender Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Down Syndrome Kelas Iv Skh Dian Bahagia Kabupaten Tangerang Banten. UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 3(1). https://doi.org/10.30870/unik.v3i1.5302

Fitri, A. W., & Ummah, L. (2022). Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 111–116. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.276

Hartati, S. (2021). Stimulasi Kemampuan Anak Membaca melalui Permainan Kata di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 114500–114507. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3370

Jannah, A. R., Hamid, L., & ... (2020). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuanmembaca Pada Anak Usia Dini. … Wutsqo Jurnal Ilmu …, 1(2), 1–17. https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/10

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.

Kholifah, I. N., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Pemanfaatan Media Buku Labaca Halfik (Lancar Membaca, Hafal Dan Fikir) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4198–4206. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1425

Manik, I. Y., Purba, H., & Nunzairina. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Huruf Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Dharma Wanita Persatuan Penanggalan Kota Subulussalam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358.

Nasution, D. N., & Simaremare, A. (2019). Pengaruh permainan bingo kata terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun kelompok B RA Al-Qur’an kota Padang Sidimpuan T.A 2018/2019. Jurnal Usia Dini, 5(1), 1–12. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/14619

Putri, jihan kurnia. (2021). Efektivitas Media Kalender Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Di Kelompok A Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Tulung.

Widiyanti, D., & Darmiyanti, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Flash Card. Al Athfal?: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(2), 16–29. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v4i2.265

Yasir, C., Rasmani, U. E. E., & Dewi, N. K. (2021). Profil Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Gugus Melati Jaten. Kumara Cendekia, 9(2), 124. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49294

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Umaya, S. S. ., Mulyana, E. H. ., & Aprily, N. M. . (2024). Analisis Kelayakan Media Kalender dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 136–142. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1607

Issue

Section

Articles