Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Melalui Project Based Learning (PJBL) pada Anak Kelompok A di Pacitan

Authors

  • Yuli Silvi Mukharomah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Fitri Amilia Universitas Muhammadiyah Jember
  • Angraeny Unedia Rachman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Tri Endang Jatmikowati Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1411

Keywords:

Keaksaraan Awal; Anak Usia Dini; Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan keaksaraan awal Anak Usia Dini melalui pembelajaran proyek (Project Based Learning) di TK Muslimat NU Pacitan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari empat tahapan dalam pelaksanaan tiap siklusnya yaitu terdiri dari 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Pengamatan; dan 4) Refleksi. Penelitian ini terdiri dari empat siklus. Subyek penelitian terdiri dari  18 yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan pada kelompok A di rentang usia 4-5 tahun. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan peningkatan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun melalui pembelajaran proyek terlihat terdapat peningkatan anak dari siklus 1 sebanyak 70% anak sudah mampu untuk melakukan kegiatan menebalkan tulisan dan 50% anak dapat menghubungkan gambar dengan namanya dengan benar. Hasil yang diperoleh pada siklus 2 yaitu anak mampu mengurutkan huruf membentuk kata yang ditentukan secara berkelompok, diperoleh hasil bahwa sebanyak 70% anak mampu menuliskan nama buah yang disukai. Pada siklus 3 terdapat 75% Anak mampu menebalkan kata dengan rapi dan memasangkan gambar dengan namanya. Pada Siklus 4 hasilnya adalah sebanyak 80% anak mampu meniru tulisan nama-nama bunga, dan membuat papan nama taman dan  sudah mencapai indikator keberhasilan, untuk itu penelitian pada siklus 4 dihentikan.

References

Aby, R. D. (2021, November). Upaya Menggalakkan Kebiasaan Makan Sayur Dan Buah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo, 3, 18. Retrieved desember 04, 2022, from http://jkp.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/pks

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal pendidikan anak, 8(1), 29-37.

Cathy, N. &. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pusaka Belajar.

Chairuna Ulva, R. N. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sate Buah. Jurnal Numeracy, 283-292.

Dwi Haryanti, D. T. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. (M. Nasrudin, Ed.) Pekalongan, Jawa Tengan: PT Nasya Expanding Management. Retrieved 12 02, 2022, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=tyg_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=keaksaraan+awal&ots=6o954o-9vn&sig=0GGGQyZe-nbPvZ4i3vXWrbtV3Sc&redir_esc=y#v=onepage&q=keaksaraan%20awal&f=false

Dewi, E. O., & Wulandari, S. (2023). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 232-236.

Hanum, a. P. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1.

Hendriana, H. (2017). Langkah Praktis. Bandung: Refika Aditama.

Hijriati. (2017). “Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini “ . Jurnal Pendidikan Anak Volume 3 No. 1

Kebudayaan, K. d. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan No 137.

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna. http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87

Maulana, F. (2022). Urgensi Penanaman Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muh. Shaleh, et al. (2022). Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Kendari: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Novitasari, K. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Kelompok B Di Tk Nasima Kota Semarang. repository Universitas PGRI Yogyakarta. Retrieved 12 02, 2022, from http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1828

Oktari, R. (2021). Penerapan Metode Proyek untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Pada Kelompok B di PAUD Budi Mulya Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 2(September), 69–77.

Ramadani, R. (2015). Membaca Permulaan Melalui Kegiatan Menebalkan Huruf. Jurnal Pendidikan Anak.

Siti Nurjanah, E. N. (2018, Januari). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal. Jurnal Ceria, 1, 394. Retrieved 12 2, 2022

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan KelaS (PTK). Ekonomika, 2, 2.

Syamsuardi. (2012). “Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Taman Kanak-Kanak Paud Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone”, Jurnal Publikasi, Volume II No. 1 Februari-Mei

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini. …?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/160

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar PAUD (8th ed.). PT Indeks.

Yayu Laila Sulastri, A. R. (2017). IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud Di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7, 84-91.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Mukharomah, Y. S. ., Amilia, F. ., Rachman, A. U., & Jatmikowati, T. E. . (2023). Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Melalui Project Based Learning (PJBL) pada Anak Kelompok A di Pacitan. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 222–230. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1411

Issue

Section

Articles