Penguatan Karakter Mandiri Melalui Metode Pembiasaan di TK Alphabet Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1258Keywords:
karakter; mandiri; metode; pembiasaan.Abstract
Anak yang mandiri bisa melakukan seluruh tugas yang dibebankan kepadanya secara sendirian tanpa dengan bantuan dari orang lain. Sifat inilah yang terkadang jarang terlihat pada anak usia dini. Kemandirian bisa diidentifikasi oleh berbagai macam indikator. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui penguatan karakter kemandirian melalui metode pembiasaan di Tk Alphabet. Maka dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan fakta-fakta secara komprehensif tentang karakter kemandirian anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dikumentasi. Dari data yang terkumpul kemudian diolah untuk disajikan sebagai data yang utuh. Manfaat dari penulisan ini adalah untuk menambah wawasan bagi para pembaca mengenai pentingnya media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Anak yang memiliki kemandirian dalam kegiatan belajar terlihat aktif, memiliki ketekunan dan inisiatif dalam mengerjakan tugas-tugas, menguasai strategi-strategi dalam belajar, memiliki tanggung jawab, mampu mengatur perilaku dan kognisinya serta memiliki kayakinan diri. Kemandirian merupakan kemampuan untuk mengarahkan dan mengendalikan diri sendiri dalam berpikir dan bertindak, serta tidak merasa bergantung pada orang lain secara emosional, dalam arti anak yang mandiri tidak akan tergantung pada bantuan orang lain dalam merawat dirinya secara fisik, dalam membuat keputusan secara emosi dan dalam berinteraksi dengan orang lain secara sosial yang ditunjukkan dengan anak melakukan hal sederhana, inisiatif, mencoba hal baru, mentaati peraturan dan bermain dengan teman sebaya, dan merasa aman, nyaman dan mampu mengendalikan diri.
References
Abidin, A. M. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Didaktika. 12(2), 183-196.
Ahmad, Rijali. (2018). Analisis Data Kualitatif. Banjarmasin.
Chairilisyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1), hml. 89.
Halimah. (2019). Implementasi Metode Pembiasan Dalam Pengembangan Moral Keagamaan AUD Kelompok B Di RA An-Najwan Desa Kebun Balok Kabupaten Langkat. 7 (2), hml. 4.
Husna, A. N. (2018). Kemandirian Emosional Pada Remaja Awal: Studi Di Smpn 1 Margaasih Kabupaten Bandung. Journal of Psychological Science and Profession, 2(3), 222. https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i3.21599
Ilyas, A. S., Makassar, S. A., & Kognitf, P. (2020). Usia Pra Sekolah di Taman Kanak-Kanak Kencana Kecamatan. 15, hml. 10–13.
Kumayang Sari, A., Zurniah, N., & Suprapti, A. (2016). Upaya Guru Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di Gugus Hiporbia. Jurnal Ilmiah Potensia, 1, hml. 1–6.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Jurnal : Indonesian Journal of Primary Education. 3 (1), hml. 20-28.
Mulyana, D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Budaya .Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi 2 Cet. 3). Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Edisi, Cet. 21). Bandung: Alfabeta.
Wibowo, A. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiyani, N.A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini Panduan Orangtua & Guru dalam membentuk Kemandirian & Kedisiplina Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Y. K. Kim, & D. E. Boyle. (2018). The Influence of Family and Parenting Factors on Young Children’s Emerging Autonomy Skills. Journal of Early Childhood Research, 16 (3), hml. 271-285.
Yuliastutie, K. L., & Supriyadi. (2022). Pengaruh Pendekatan Metode Mentessori dalam Membentuk Karakter Kemandirian pada Anak Usia Dini. Arus Jurnal Pendidikan, 2(2), 185-195.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.