Pengaruh Penggunaan Pasir Kinetik Terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 3-4 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1357Keywords:
Kata kunci: Pasir Kinetik ; Pengenalan SainsAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi dan melihat efektivitas media pasir kinetik untuk meningkatkan pengenalan sains pada anak usia 3-4 tahun di TK Asyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan pendekatan The Non Equivalent Control Group. Desain penelitian menggunakan desain one-group pretes-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok KB yang berjumlah 18 orang anak di TK Asyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pasir kinetik terhadap pengenalan sains anak usi 3-4 tahun di TK Aisyiah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dari Thitung > Ttabel yaitu 15,393 > 1,740 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Serta terjadi peningkatan pengenalan sains anak setelah penggunaan pasir kinetik berada dalam kategori sangat baik dengan persentase 75, 23%.
References
Ahmadi, F & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). Semarang : CV. Pilar Nusantara.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, A.Y., Wigati, I., & Dewi, K. (2023). Pengaruh Media Kinetic Sand Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di Tk Ababil Kota Pagaralam Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2). 3888-3897.
Astuti, Y.K. (2018). “Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA”.Jurnal STKIP NU Indramayu. VII(3), 1693-7945.
Demi, M.R. (2020). Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Tunas Muda Desa Tungkal 1 Kecamatan Pino Raya. Skripsi IAIN Bengkulu.
Dini, J. P. A. U. (2022). Tingkat Kemampuan Literasi Sains Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3868-3876.
Fajriati, R & Suyadi. (2020). Eksperimen Sains Anak Usia 5-6 Tahun Melaluipermainan Waterboom Mini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, V(1). 38-44.
Filtri, H. (2018). Perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di tinjau dari tingkat pendidikan ibu di PAUD kasih ibu kecamatan rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 169-178.
Hasbi, M & Wulandari, R. (2020). Bermain Sains. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasibuan, S. C., Armayani, D., Simatupang, O. F., & Sari, J. (2021). Toilet Training Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun (Upaya Pembentukan Kemandirian di RA Nurul Islam). AUD Cendekia, 1(3), 174-187.
Hidayati, I. (2020). Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Penerapan Media Pasir Kinetik Untuk Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Mawar 01ar-Rachman Surabaya. MOTORIC:(Media of Teaching Oriented and Children), 4(1). 100-109.
Humaira, W., Kasmini, L., & Oktariana, R. (2022). Pengaruh Pengunaan Pasir Berwarna Terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Poeteumeureuhom Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2). 1-14.
Kartika, R. I. (2022). Pengaruh Bermain Pasir Kinetik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al Huda Bulan Sarik Jambak Ulu Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Doctoral dissertation, IAIN Batu Sangkar.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta.
Lestari, N.W., Adjie N., dan Marantha, J.R. (2021). Menstimulus Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Pasir Kinetik Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak Usia Dini, 2(1). 41-52.
Muftie, Z & Mulyani, L.S. (2022). Aktivitas Anak Pada Penggunaan Media Pasir Berwarna Hubungannya dengan Kemampuan Sains Anak. JAPRA : Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 5(1). 72-80.
Muthiah., Sumardi., dan Rahman, T. (2020). Desain Media Pasir Kinetik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2). 207-218.
Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya peningkatan literasi sains siswa melalui pembelajaran berbasis keunggulan lokal. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24-35.
Noor, F.M. (2020). Memperkenalkan Literasi SAINS kepada Peserta Didik Usia Dini: Perspektif Mahasiswa PIAUD. Thufula, 8(1). 57-67.
Nurfahira, I., Paida, A., & Rahmat, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pasir Kinetik terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Tk Bustanul Athfal Aisyiyah Al Badar Cabang Salaka. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2). 781-788.
Pemerintah RI (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
PERMENDIKBUD RI No.137 Tahun 2014 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak.
Poerwati, C.E., Cahaya, I.M.E., & Suryaningsih, N.M.A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Sederhana dalam Pengenalan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1472-1479.
Prasetyo, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). LITERASI, VII(1). 58-66.
Prastika, C & Besral. (2021). Pengaruh Permainan Pasir Kinetik Terhadap Perkembangan Motorik Halus Toddler di Day Care. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan. ISSN : 2621-0231, 29-42.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.
Putri, B. R. (2019). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Mengenal Warna Melalui Penggunaan Media Pasir Berwarna Di Taman Kanak-Kanak Cahaya Bunda Krian Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Rahmi, P. (2019). Pengenalan Sains Anak Melalui Permainan Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(1). 43-55.
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25-34.
Rizkia, N., Hayati, F., & Amelia, L. (2020). Analisis Penggunaan Media Pasir Kinetik Dalam Menstimulasi Kecerdasan Naturalis Pada Anak Kelompok B1 TK Pertiwi Lhoknga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1). 1-12.
Safitri, U. P., & Marbun, S. (2019). Pengaruh Kegiatan Bermain Pasir Berwarna terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika 1-17 Kec. biru-biru. Jurnal Usia Dini, 5(1), 48-56.
Sahar, S dan Rohita. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Dengan Metode Eksperimen Di Kelompok Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Flamboyan RW.II. e-journal UNESA, 1(1), 1-6.
Said, A.A. (2006). Dasar Desain Dwimatra. Makassar: UNM Makassar.
Salma, S dan Jumarni, L. (2020). Analisis Penggunaan Media Pasir Berwarna Pada Anak Kelompok B. Jurnal Smart PAUD, 3(1), 35-42.
Sari, A.A.D.K., Negara, I.G.A.O., & Tritayani, L.A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak Kelompok B. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (1). 21-32.
Sari, E., Setiawan, D., & Ayu, I. (2021). Peningkatan Literasi Sains melalui Pembelajaran Energi dan Perubahannya Bermuatan Etnosains pada Pengasapan Ikan. Panthera: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan, 1(1), 25-36.
Situmorang, R.P. (2016). Integrasi Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sains. Satya Widya, 32(1). 49-56.
Sofyan, H. (2018). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dengan Pendekatan Tematik. Early Childhood Education Journal Of Indonesia 1 (1).
Subakti, H., Soesana, A., Suesilowati, S., Saputro, A. N. C., Sari, M., Ariza, H. & Sipayung, R. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, F. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: CV Tahta Media Group.
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Suyanto, S. (2017). Pengenalan Sains Untuk Anak Tk Dengan Pendekatan “Open Inquiry”. Jurnal UNY. 1(1). 1-15.
Virgawati, V. (2015). Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna Sebagai Media Pmembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) Anak usia 3-4 Tahun DiPaud Permata Bunda Kabupaten Sragen. Skripsi.
Wulandari, F. (2017). Pengaruh Bermain Kinetic Sand Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogi:Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 3(2). 18-23.
Zahro, I.F., Atika, A.R., dan Westhisi, S.M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2). 121-130.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.