Analisis Standarisasi Sarana dan Prasarana Sekolah PAUD dalam Memfasilitasi Kegiatan Anak

Authors

  • Hayani Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Salma Syukria Salsabila Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1147

Keywords:

Facilities and infrastructure, standardization, Early Childhood Education, Learning.

Abstract

Sarana dan Prasarana di sekolah PAUD tentu yaitu suatu hal yang amat utama. Sebuah sekolah PAUD tidak dapat terorganisir dengan baik, apabila tidak memiliki Sarana dan Prasarana yang sesuai standarisasi. Sarana dan Prasarana inilah yang menjadi perlengkapan atau penunjang suatu sekolah PAUD dalam melaksanakan segala aktivitas yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya sarana dan prasarana sekolah PAUD, standarisasi sarana dan Prasarana, terutama dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Penelitian ini memakai metoda kualitatif dengan jenis kajian pustaka, metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data, teori-teori berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang menyambungkan penelitian dengan kajian pustaka yang telah ada untuk pemecahan suatu masalah. Metoda pengumpulan ini dilakukan dengan cara mengkaji serta mengolahnya. Hasil penelitian yang didapat bahwa Sarana dan Prasarana sekolah PAUD itu sangat penting, memiliki standarisasi, serta erat kaitannya setiap kegiatan belajar anak. Standarisasi Sarana dan Prasarana PAUD telah tercantum dalam Permendikbud 137 tentang Standar Nasional PAUD.

References

Trisetiawan, P. A. (2023). “Bruuk! Atap Paud Melati di Jagalan Solo Ambruk”. (online). Diakses pada tanggal 20 April 2023. Melalui https://www.detik.com/jateng/berita/d-6672771/bruuk-atap-paud-melati-di-jagalan-solo-ambruk

Cahyadi, D. (2022). “PAUD : Manfaat & Pentingnya Investasi Pendidikan Sejak Dini”. Diakses pada tanggal 15 Mei 2023. Melalui https://disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/paud--manfaat--pentingnya-investasi-pendidikan-sejak-dini?/berita/detail/paud--manfaat--pentingnya-investasi-pendidikan-sejak-dini

Fatimah, N. (2019). “Pengertian Sarana dan Prasarana, Fungsi Hingga Contohnya”. (online). Diakses pada tanggal 22 Mei 2023. Melalui https://pelayananpublik.id/2019/08/12/pengertian-sarana-dan-prasarana-fungsi-hingga-contohnya/

T, N. (2023). “Standar Sarana dan Prasarana pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah”. (online). Diakses pada tanggal 22 Mei 2023. Melalui https://ditsmp.kemdikbud.go.id/standar-sarana-dan-prasarana-pada-pendidikan-anak-usia-dini-jenjang-pendidikan-dasar-dan-jenjang-pendidikan-menengah/

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Pancaningrum, N. (2018). Pemanfaatan sarana Prasarana Indoor dan Outdoor raudathul Athfal. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 6(2). DOI 10.21043/thufula.v6i2.5229

Zairina, S. P. (2020). Standar Sarana dan Prasarna dalam Meningkatkan Aktivitas Bermain Anak di Taman Kanak-kanak Hip Hop kota Bandar Lampung. Skripsi. Lampung : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. universitas Negeri Raden Intan Lampung.

Rohiyatun, B. Najwa, L. (2021). Pengelolaan Sarana dan Prasarana di PAUD. Journal Visionary (VIS) Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan , 6(1), 1–5.

Trisnawati, Zahri, C. H, dan Usman, N. (2019). Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 7 (1).

Siska, A. E. Batubara, F. L. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini. 7(1).

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia DIni Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 8(1). 50 - 58

Prastyawan. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Studi Keislaman, 06(01), 36–37. Diakses dari http://ejournal. kopertais4.or.id/pantura/index.php/alhi kmah/article/download/2797/pdf/

T, N. (2022). “Kenapa PAUD itu Penting?”. Diakses pada tanggal 15 Mei 2023. Melalui https://guruinovatif.id/@redaksiguruinovatif/kenapa-paud-itu-penting

Mei, R. E. (2020). Outdoor Learning terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 8(2)

Rohmatulloh, T. (2018) Implementasi Standar Isi Dan Standar Sarana Prasarana Di Tk Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Artikel Jurnal Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan.

Nur Fatmawati, Dkk. (2019) , Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan . Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran 3(2).

T, N. 10 Manfaat Penting Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Diakses pada tanggal 25 Mei 2023. Melalui https://www.nutriclub.co.id/artikel/pola-asuh-anak/2-tahun/pendidikan-anak-usia-dini

Zahriyal, F. R. (2019). NILAI-NILAI ESTETIKA DALAM PENATAAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA Trisetiawan, P. A. (2023). “Bruuk! Atap Paud Melati di Jagalan Solo Ambruk”. (online). Diakses pada tanggal 20 April 2023. Melalui https://www.detik.com/jateng/berita/d-6672771/bruuk-atap-paud-melati-di-jagalan-solo-ambruk

Cahyadi, D. (2022). “PAUD : Manfaat & Pentingnya Investasi Pendidikan Sejak Dini”. Diakses pada tanggal 15 Mei 2023. Melalui https://disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/paud--manfaat--pentingnya-investasi-pendidikan-sejak-dini?/berita/detail/paud--manfaat--pentingnya-investasi-pendidikan-sejak-dini

Fatimah, N. (2019). “Pengertian Sarana dan Prasarana, Fungsi Hingga Contohnya”. (online). Diakses pada tanggal 22 Mei 2023. Melalui https://pelayananpublik.id/2019/08/12/pengertian-sarana-dan-prasarana-fungsi-hingga-contohnya/

T, N. (2023). “Standar Sarana dan Prasarana pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah”. (online). Diakses pada tanggal 22 Mei 2023. Melalui https://ditsmp.kemdikbud.go.id/standar-sarana-dan-prasarana-pada-pendidikan-anak-usia-dini-jenjang-pendidikan-dasar-dan-jenjang-pendidikan-menengah/

Friwahyuni. D. dkk. (2022). Pengembangan Media Ular tangga Edukatif dalam menanamkan Nilai Naisonalisme pada Anak Usia Dini 5-6 tahun. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education). 6 (1). hal 53-60. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/716/709

Zairina, S. P. (2020). Standar Sarana dan Prasarna dalam Meningkatkan Aktivitas Bermain Anak di Taman Kanak-kanak Hip Hop kota Bandar Lampung. Skripsi. Lampung : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. universitas Negeri Raden Intan Lampung.

Rohiyatun, B. Najwa, L. (2021). Pengelolaan Sarana dan Prasarana di PAUD. Journal Visionary (VIS) Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan , 6(1), 1–5.

Trisnawati, Zahri, C. H, dan Usman, N. (2019). Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 7 (1).

Siska, A. E. Batubara, F. L. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini. 7(1).

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 8(1). 50 - 58

Ekawati, Y. Dhian. (2011). Pengelolaan Sarana dan Prasarana pada Program PAUD Percontohan Nasional di SKB Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Prastyawan. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Studi Keislaman, 06(01), 36–37. Diakses dari http://ejournal. kopertais4.or.id/pantura/index.php/alhi kmah/article/download/2797/pdf/

T, N. (2022). “Kenapa PAUD itu Penting?”. Diakses pada tanggal 15 Mei 2023. Melalui https://guruinovatif.id/@redaksiguruinovatif/kenapa-paud-itu-penting

Mei, R. E. (2020). Outdoor Learning terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 8(2)

Rohmatulloh, T. (2018) Implementasi Standar Isi Dan Standar Sarana Prasarana Di Tk Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Artikel Jurnal Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan.

Nur Fatmawati, Dkk. (2019) , Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan . Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran 3(2).

T, N. 10 Manfaat Penting Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Diakses pada tanggal 25 Mei 2023. Melalui https://www.nutriclub.co.id/artikel/pola-asuh-anak/2-tahun/pendidikan-anak-usia-dini

Nadia, K. S. dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book pada Materi Pokok Mengenal Tanaman Buah pada Anak Usia 4-5 tahun. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education). 6(1). Diakses dari https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/713/706

Dwi, W. F. dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box pada Anak usia 5-6 tahun Guna Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education). 6(1) hal 40-45. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/714/707

Angelly, T., Rais, S. S., Meilita, N., & Amanda, P. R. (2022). Pengaruh Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran di RA Nurhidayah. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 385-392. Diakses dari https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5080

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Wulandari, H. ., & Salsabila, S. S. (2023). Analisis Standarisasi Sarana dan Prasarana Sekolah PAUD dalam Memfasilitasi Kegiatan Anak. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 22–31. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1147

Issue

Section

Articles