Peranan Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak Introvert Pemalu
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1246Keywords:
Pola Asuh, Orang Tua, Kepribadian, Introvert, PemaluAbstract
Kepribadian merupakan pembentukan dari sifat dan watak seseorang. Menurut Jung kepribadian di bagi menjadi dua yaitu ekstrovet dan introvert. Kepribadian introvert cendrung menarik diri dari kontak sosial, minat serta perhatiannya lebih terfokus pada dirinya sendiri Anak yang memiliki kepribadian introvert salah satunya memiliki sikap pemalu, dimana hal ini biasanya di anggap hal yang wajar dan lumrah di kalangan masyarakat, namun jika hal tesebut di biarkan maka akan berpengaruh di masa mendatang. Orang tua merupakan salah satu faktor lingkungan yang dapat menentukan bagaimana kepribadian anaknya. Setiap orang tua memiliki versinya sendiri untuk dapat membimgbing dan memberi pengarahan melalui pola pengasuhannya pada anak, baik itu menggunakan pola asuh demoktratis, pola asuh otoriter maupun pola asuh permisif. Maka dari itu peneliti ingin menggali lebih dalam dari berbagai literatur jurnal-jurnal serta buku-buku yang relavan dan tepercaya menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif melalui metode studi literatur tekait peranan orang tua terhadap pola asuh anak introvert pemalu sehingga di harapkan dalam penelitian ini dapat bermanfaat baik itu bagi peneliti maupun bagi pembaca.
References
Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/download/3534/3063
Andarbeni, S. L. (2013). Studi Tentang Kemampuan Interaksi Sosial Anak Kelompok a Dalam Kegiatan Metode Proyek Di Tk Plus Al-Falah Pungging Mojokerto. Jurnal BK Unesa, 04(01), 285–292.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Goode, W. J., Rahmawati, A., Flood, J. H. and I., Mandey, C., Rosmalina, D., Zulyanty, M., Putu, D., Nilakusmawati, E., Susilawati, M., & Arum, P, L. (2019). Pola asuh wanita karir dalam pembentukan kepribadian anak usia dini di desa kupangan kecamatan sukoharjo kabupaten wonosobo skripsi. In Jurnal Gentala Pendidikan Dasar (Vol. 15, Issue Kolisch 1996). http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/jiu/article/download/280/316/%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77360
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.
Khoerunnisa, S. (2020). Pemalu Pada Anak Usia Dini. Research in Early Childhood Education and Parenting, 1(1), 17–22.
Kurniawan, A. D. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini. In A. Kurniawan (Ed.), Pendidikan Anak Usia Dini (cetakan pe). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. bisnis ritel - ekonomi
Mayasari. (2013). Upaya Menangani Anak Usia Dini yang Pemalu. 2013.
Mussardo, G. (2019). Hubungan Antara Tipe Kepribadian Dengan Strategi Penyelesaian Konflik Pada Anggota Pagar Nusa Uin Maliki Malang. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699.
Oktariana, R., Yenni Mutiawati, dan, & Bina Bangsa Getsempena, U. (2021). Analisis Permasalahan Anak Pemalu Pada Usia 5-6 Tahun di Kelompok B TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).
Pahlawan, U., Tambusai, T., Perwitasari, D., & Fatayan, A. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam. 4, 2556–2560.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8). yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf
Trijayanti, S. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Mengatasi Sifat Pemalu Pada Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 53–57.
Wardani, B. K. (2018). Hubungan Antara Kepribadian Introvert Dengan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas Xi Smk Negeri 2 Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.