Psikologi Perkembangan Anak Dengan Hambatan Intelektual Sedang di Sekolah Luar Biasa
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.958Keywords:
psikologi perkembangan, hambatan intelektual sedang, sekolah luar biasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui psikologi perkembangan anak dengan hambatan intelektual sedang di sekolah luar biasa. Penelitian ini mcnggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dengan hambatan intelektual sedang menunjukkan masalah perkembangan pada semua perkembangan, yaitu fisik, kognitif, emosi, social, motoric dan Bahasa. Adapun upaya guru kelas dan keluarga untuk meningkatkan kemandirian anak terutama untuk kehidupan sehari-harinya yaitu melalui pembiasaan kemandirian , baik di sekolah maupun di rumah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.