Psikologi Perkembangan Anak Dengan Hambatan Intelektual Sedang di Sekolah Luar Biasa

Authors

  • dwi setianingsih Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.958

Keywords:

psikologi perkembangan, hambatan intelektual sedang, sekolah luar biasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui psikologi perkembangan anak dengan hambatan intelektual sedang di sekolah luar biasa. Penelitian ini mcnggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dengan hambatan intelektual sedang menunjukkan masalah  perkembangan pada semua perkembangan, yaitu fisik, kognitif, emosi, social, motoric dan Bahasa. Adapun upaya guru kelas dan keluarga untuk meningkatkan kemandirian anak terutama untuk kehidupan sehari-harinya yaitu melalui pembiasaan kemandirian , baik di sekolah maupun di rumah.

Downloads

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

setianingsih, dwi. (2024). Psikologi Perkembangan Anak Dengan Hambatan Intelektual Sedang di Sekolah Luar Biasa. SPEED Journal : Journal of Special Education, 6(2), 88–98. https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.958

Issue

Section

Articles