Augmentatif Dan Alternatif Komunikasi Dalam Pengembangan Kemampuan Komunikasi Anak Autis

Authors

  • Wizerti Ariastuti Saleh Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Mutahara.B Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.936

Keywords:

Autis, AAC, Aplikasi, Komunikasi

Abstract

Keterbatasan komunikasi anak autis berdampak pada kehidupan anak. Hal yang paling sederhana adalah anak tidak mampu untuk menyatakan keinginannya dengan jelas sehingga membuat lawan bicara salah paham bahkan tidak mampu menanggapi keinginan anak. Kejadian berulang menyebabkan anak frustasi hingga tantrum. Augmentative and alternative communication (AAC) dengan menggunakan aplikasi smartphone menjadi salah satu solusi yang dianggap mampu mengembangkan kemampuan komunikasi anak autis. Aplikasi smartphone yang digunakan berisi gambar dan suara yang mewakili keinginan anak. Untuk mengetahui efektivitas aplikasi bantuan maka dilakukan uji efektivitas aplikasi bantuan komunikasi pada 1 orang subjek anak autis usia 10 tahun di SLBN 2 Makassar. Melalui eksperimen dalam penelitian subjek tunggal atau single subject research (SSR) diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi setelah dilakukan intervensi melalui dengan aplikasi bantuan komunikasi.

Downloads

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Saleh, W. A. ., & Mutahara.B, N. M. (2024). Augmentatif Dan Alternatif Komunikasi Dalam Pengembangan Kemampuan Komunikasi Anak Autis. SPEED Journal : Journal of Special Education, 6(2), 72–77. https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.936

Issue

Section

Articles