Pengaruh Penggunaan Media Dressing Frame Terhadap Keterampilan Berbusana Siswa Tunarungu Kelas III di SLBN Demung Kabupaten Situbondo

Authors

  • Deby Shinta Dewi Dartiningrum PLB, Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Renalatama Kismawiyati
  • Khusna Yulinda U. PLB, Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.934

Keywords:

Media Dressing Frame, Keterampilan Berbusana, Tunarungu

Abstract

Penelitian ini menerapkan metode pra-eksperimen melalui kerangka penelitian. Subjek penelitiannya ialah siswa tunarungu kelas III SLBN Demung Kabupaten Situbondo dengan jumlah empat orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 6 kali tatap muka dengan rincian pre test satu kali, empat kali perlakuan dan post test satu kali. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat dampak Penggunaan Media Dressing Frame terhadap Keterampilan Berbusana Siswa Tunarungu Kelas III di SLBN Demung Kabupaten Situbondo dengan perolehan data, yakni n = 4, dengan, = 5% (0,05), yang selanjutnya dilakukan tes dengan memakai rumus uji tanda (sign test). Kemudian hasil didapatkan pada pengujian satu sisi ditemukan Z hitung ( ) = 2 dan diperbandingkan dengan nilai kritis satu sisi 1,645, hingga ? yakni 2 ? 1,645, dan bisa disebutkan bahwa Ho (hipotesis nol) tidak diterima dan Ha (hipotesis kerja) diterima yang berarti terdapat dampak yang berarti Penggunaan Media Dressing Frame Terhadap Keterampilan Berbusana Siswa Tunarungu Kelas III di SLBN Demung Kabupaten Situbondo

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Dartiningrum, D. S. D. ., Kismawiyati, R., & Yulinda U., K. . (2024). Pengaruh Penggunaan Media Dressing Frame Terhadap Keterampilan Berbusana Siswa Tunarungu Kelas III di SLBN Demung Kabupaten Situbondo. SPEED Journal : Journal of Special Education, 6(2), 53–61. https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.934

Issue

Section

Articles