Pelaksanaan Program Pembaca Layar Komputer Bagi Peserta Didik Disabilitas Netra
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.932Keywords:
Pembaca Layar Komputer, Peserta Didik Disabilitas NetraAbstract
Salah satu masalah yang perlu diangkat untuk di adakan penelitian ini adalah pentingnya pembaca layar (Jaws) dalam melakukan proses pembalajaran dan dalam pengaplikasian kehidupan sehari-hari bagi peserta didik disabilitas netra total untuk menunjang mobilitas peserta didik disabilitas netra. Alasan memilih peserta didik disabilitas netra, karena untuk menjelaskan pelaksanaan program pembaca layar yang sudah berjalan. Tujuan penelitian adalah menjelaskan Pelaksanaan Program Pembaca Layar Komputer Bagi Peserta Didik Disabilitas Netra . Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, karena peneliti melakukan studi lapangan sekaligus berinteraksi dengan subjek penelitian. Teknik pengelolahan data ialah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan studi kasus intrumental. Subjek penelitian yaitu peserta didik disabilitas netra berusia 20 tahun yang menempuh pendidikan di Universitas PGRI Argopuro Jember berjumlah tiga peserta didik. Teknik pengambilan data lapangan adalah peneliti yang mengobservasi peserta didik disabilitas netra, kemampuan membaca, kemampuan menulis, kemampuan membuat tugas, kemampuan mengakses internet. Kesimpulan, yaitu: memudahkan peserta didik disabilitas netra untuk memahami materi melalui teknologi yang telah di siapkan sesuai dengan kemampuan, namun peserta didik tetap diberikan kebebasan memilih metode pembelajaran bagi peserta didik disabilitas netra.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.