Pelaksanaan Program Pembaca Layar Komputer Bagi Peserta Didik Disabilitas Netra

Authors

  • Ardansyah Panji Utama
  • Dedy Ariyanto PLB, Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.932

Keywords:

Pembaca Layar Komputer, Peserta Didik Disabilitas Netra

Abstract

Salah satu masalah yang perlu diangkat untuk di adakan penelitian ini adalah pentingnya pembaca layar (Jaws) dalam melakukan proses pembalajaran dan dalam pengaplikasian kehidupan sehari-hari bagi peserta didik disabilitas netra total untuk menunjang mobilitas peserta didik disabilitas netra. Alasan memilih peserta didik disabilitas netra, karena untuk menjelaskan pelaksanaan program pembaca layar yang sudah berjalan. Tujuan penelitian adalah menjelaskan Pelaksanaan Program Pembaca Layar Komputer Bagi Peserta Didik Disabilitas Netra . Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, karena peneliti melakukan studi lapangan sekaligus berinteraksi dengan subjek penelitian. Teknik pengelolahan data ialah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan studi kasus intrumental. Subjek penelitian yaitu peserta didik disabilitas netra  berusia 20 tahun yang menempuh pendidikan di Universitas PGRI Argopuro Jember berjumlah tiga peserta didik. Teknik pengambilan data lapangan adalah peneliti yang mengobservasi peserta didik disabilitas netra, kemampuan membaca, kemampuan menulis, kemampuan membuat tugas, kemampuan mengakses internet. Kesimpulan, yaitu: memudahkan peserta didik disabilitas netra untuk memahami materi melalui teknologi yang telah di siapkan sesuai dengan kemampuan, namun peserta didik tetap diberikan kebebasan memilih metode pembelajaran bagi peserta didik disabilitas netra.

Downloads

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Utama, A. P., & Ariyanto, D. . (2024). Pelaksanaan Program Pembaca Layar Komputer Bagi Peserta Didik Disabilitas Netra . SPEED Journal : Journal of Special Education, 6(2), 44–52. https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.932

Issue

Section

Articles