Efektivitas Pendampingan Bahasa Isyarat di Sekolah Penggerak SLB Negeri Temanggung

Authors

  • Arsy Anggrellangi
  • Subagya Program Studi Pendidikan Khusus, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Erma Kumalasari Program Studi Pendidikan Khusus, Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.803

Keywords:

Pendampingan, bahasa isyarat, sekolah penggerak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendampingan bahasa isyarat pada guru di sekolah penggerak SLB Negeri Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non parametrik. Pendampingan bahasa isyarat diberikan sebanyak 30 JP selama tiga hari di SLB N Temanggung. Populasi di SLB N Temanggung sebanyak 44 orang, dengan sampel yang diambil sebanyak 40 guru secara probability sampling. Efektivitas diukur menggunakan Uji T dengan kuesioner self assessment untuk mendapatkan data skor keterampilan bahasa isyarat peserta sebelum dan setelah dilakukan pendampingan bahasa isyarat. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pendampingan isyarat efektif meningkatkan keterampilan bahasa isyarat guru sekolah penggerak di SLB Negeri Temanggung

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Anggrellangi, A., Subagya, S., & Kumalasari, E. . (2024). Efektivitas Pendampingan Bahasa Isyarat di Sekolah Penggerak SLB Negeri Temanggung. SPEED Journal : Journal of Special Education, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.803

Issue

Section

Articles