Peranan Eksplorasi Pustaka untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Pada Siswa Tunarungu Kelas XI SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang

Authors

  • Kurniati Laila SLB C Pembina Malang

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.405

Keywords:

Eksplorasi pustaka, keterampilan menulis, tunarungu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya peranan eksplorasi pustaka dalam peningkatkan ketrampilan menulis pada siswa Tunarungu khususnya kelas XI Tunarungu di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Tunarungu adalah seseorang yang mengalami gangguan pada organ pendengarannya sehingga mengakibatkan ketidakmampuan mendengar. Hambatan Pendengaran siswa tersebut berdampak pada keterampilan menulis. Salah satu untuk menunjang keterampilan menulis siswa melalui peranan Eksplorasi pustaka. Eksplorasi pustaka sebagai wadah pengembangan bidang  kebahasaan dan kesastraan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kategori A mengalami kenaikan jumlah siswa sebanyak 1 siswa dan mengalami kenaikan prosentasi sebesar 4%. Kategori B mengalami kenaikan jumlah siswa sebanyak 3 siswa dan mengalami kenaikan prosentasi sebesar 50%. Kategori C tetap, dengan  jumlah siswa sebanyak 2 siswa dengan prosentasi sebesar 33%. Kategori D mengalami penurunan jumlah siswa sebanyak 1 siswa  dan mengalami penurunan prosentasi sebesar 17%. Kategori E mengalami penurunan jumlah siswa sebanyak 1 siswa dan mengalami penurunan prosentasi sebesar 17%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Peranan Eksplorasi  Pustaka dalam meningkatkan ketrampilan menulis pada siswa Tunarungu kelas XI   SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-29

How to Cite

Laila, K. (2021). Peranan Eksplorasi Pustaka untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Pada Siswa Tunarungu Kelas XI SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 92–100. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.405