Miskonsepsi Pada Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403Keywords:
miskonsepsi, identifikasi, penyebabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) cara mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik dan (2) penyebab miskonsepsi pada peserta didik. Penelitian ini termasuk studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal nasional dan internasional. Setiap hasil penelitian tersebut direview dan dianalisis secara seksama. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa (1) cara yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik, yaitu melalui gambar, Two-Tier Diagnostic Test, wawancara klinis, peta konsep, dan Certainty of Response Index (CRI) dan (2) faktor penyebab miskonsepsi, yaitu peserta didik, guru, buku teks, dan konteks.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 SPEED Journal : Journal of Special Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.