Pengaruh Keterampilan Easel Terhadap Kemampuan Vokasional Sisiwa Tunarung Kelas IV SDLB-B Di SLB-B dan Autis TPA Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.398Keywords:
Keterampilan easel, kemampuan vokasional, tunarunguAbstract
Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan desain penelitian “One Group pre test dan post test desain”. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas IV SDLB-B yang jumlah 4 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan yang dilakukan pada pre test 1 kali, 4 kali treatment dan terakhir dilakukan post test sebanyak 1 kali. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh keterampilan easel terhadap kemampuan vokasional dengan hasil analisis data yang diperoleh diketahui n = 4, dengan, = 5% (0,05), yang Kemudian diuji dengan menggunakan rumus uji tanda (sign test). Selanjutnya hasil diperoleh pada pengujian satu sisi di temukan Z hitung () = 2 dan dibandingkan dengan nilai kritis satu sisi 1,645, sehingga ? yaitu 2 ? 1,645, dan dapat dikatakan bahwa Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis kerja) diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan keterampilan easel terhadap kemampuan vokasional siswa tunarungu kelas IV SDLB-B diaSLB-Bedan Autisi TPA Jember tahunnajaran 2019/2020.