Pengaruh Penggunaan Media Abakus Terhadap Konsep Berhitung Matematika Pengurangan dan Pembagian Pada Anak Tunanetra Kelas IV SLB-A TPA Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.397Keywords:
Tunanetra, media abakus, konsep berhitung matematika pengurangan dan pembagianAbstract
Penelitianfinidbertujuankuntukxmengetahui pengaruhhpenggunaanymedia abakus terhadapykonsep berhitung matematika pengurangan dan pembagian anak tunanetra kelas IV SLB –A TPA Jember.hPenelitiangini menggunakanfmetode SubjectyResearch (SSR) dengan desainyA-B Subject penelitianuinigsiswa tunanetraqinisialwJ.hPenelitian inikdilakukan sebanyak 10 sesi pertemuangyang dilakukanxpada dua fasehyaitu 4 sesi fase baseline (A) serta 6 sesi fase intervensi (B). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh media abakus terhadap konsep berhitung pengurangan dan pembagian pada anak tunanetra hal ini ditunjukkan dengan data nilai yang diperoleh pada fase baselinez(A) adalah 31,25%, 37,5%, 37,5%, dan 43,75%. Sedangkan pada fase intervensi (B) antara lain 87,5%, 87,5%, 87,5%, 87,5%, 93,75%, 93,75%. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil data analisis dalam kondisi serta analisis antar kondisi menunjukkan bahwa mean level fase baselinet(A)syaitu 37,5% sedangkan fase intervensi mean level(B) 89,58%, serta selisih perubahan level dari fase baseline (A) sanpai fase intervensi (B) yaitu meningkat (+43,75%).Dengan Perubahan kecenderunganharahnya adalah meningkat dan presentase overlap 0%. Maka diketahui bahwa adanya pengaruh penggunaan media abakus terhadap konsep berhitung pengurangan dan pembagian terhadap konsep berhitung matematika pengurangan dan pembagian pada anak tunanetra kelas IV Di SLB–A TPA Jember