Model Accessible Entrepreneurship Training Bagi Peningkatan Entrepreneurial Skill Disabilitas

Authors

  • Vera Firdaus

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.395

Keywords:

Entrepreneurial Skills, Model Accessible Entrepreneurship, Disabilitas

Abstract

Peluang bekerja sempit menyebabkan disabilitas memilih bekerja sebagai wirausaha. Pelatihan guna mendorong disabilitas untuk mandiri secara ekonomi dirasakan belum sesuai dengan kebutuhan disabilitas. Tujuan utama penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan disabilitas dalam berwirausaha (entrepreneurial skills). Kendala yang dialami disabilitas  ketika memulai berwirausaha atau mengembangkan bisnisnya adalah tidak memiliki keterampilan wirausaha yang disebabkan tidak adanya pengetahuan tentang pemasaran, merencanakan bisnis dan manajemen produksi. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Model Accessible Entrepreneurship Training yaitu pelatihan yang pemberian materinya sesuai kebutuhan wirausaha disabilitas, serta proses pelatihan yang mudah diakses disabilitas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menggambarkan bahwa wirausaha disabilitas di Kabupaten Jember membutuhkan pelatihan yang mampu meningkatkan entrepreneurial skills yang terdiri dari Technical skills, Business management skills, dan Personal entrepreneurial skills.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-20

How to Cite

Firdaus, V. (2021). Model Accessible Entrepreneurship Training Bagi Peningkatan Entrepreneurial Skill Disabilitas. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.395