Efektivitas Pelatihan Hidroponik untuk Meningkatkan Ragam Kompetensi Guru Keterampilan di Sekolah Luar Biasa

Authors

  • Subagya Subagya Universitas Sebelas Maret
  • Arsy Anggrellanggi Universitas Sebelas Maret
  • Munawir Yusuf Universitas Sebelas Maret
  • Erma Kumalasari Universitas Sebelas Maret
  • Ravik Karsidi Universitas Sebelas Maret
  • Priyono priyono Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.372

Keywords:

pelatihan, hidroponik, keterampilan, guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan hidroponik secara maya guna meningkatkan keterampilan guru-guru dan kepala SLB di Jawa Tengah dalam pelaksanaan pengajaran keterampilan hidroponik siswa SLB. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group PretestPosttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan kepala SLB di Jawa Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive  sampling yang berjumlah 85 guru SLB di Jawa Tengah. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner melalui google form. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah  22,67 dan nilai rata-rata posttest adalah 32,99, hal ini berarti hasil pelatihan mengalami peningkatan sebesar 10,318. Hasil uji t menunjukkan bahwa pelatihan hidroponik secara signifikan (0,00) efektif meningkatkan kompetensi guru keterampilan  SLB di Jawa Tengah. Berdasarkan paparan di atas, dengan pelatihan hidroponik secara maya dapat meningkatkan kompetensi guru keterampilan   SLB di Jawa Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-20

How to Cite

Subagya, S., Anggrellanggi, A., Yusuf, M., Kumalasari, E., Karsidi, R., & priyono, P. (2021). Efektivitas Pelatihan Hidroponik untuk Meningkatkan Ragam Kompetensi Guru Keterampilan di Sekolah Luar Biasa. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 8–12. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.372