Penggunaan Metode Diskusi dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan Disekolah Dasar

Authors

  • Fitri Ayu Suryani Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/amej.v1i2.2558

Keywords:

hasil belajar, matematika, metode diskusi

Abstract

Penggunaan metode belajar dalam proses pembelajaran sangat diperlukan karena dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa kelas V SDN Mayangan 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode diskusi berpengaruh terhadap kinerja belajar siswa kelas V SDN Mayangan 1 pada materi pecahan. Dalam penelitian ini diharapakn untuk dapat membuat kinerja pengajaran matematika meningkat dengan cara menggunakan metode diskusi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V di SDN Mayangan 1. Subjek penelitian ini berjumlah 18 orang, 15 lakilaki dan 3 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari lembar kerja. Pada siklus pertama presentase hasil belajar matematika materi pecahan sebesar 55,5% kemudian mengalami peningkatan menjadi 88,8% pada siklus kedua. Hal ini membuktikan bahwa metode diskusi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SDN Mayangan 1.

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Suryani, F. A. . (2025). Penggunaan Metode Diskusi dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan Disekolah Dasar. Al-Biruni: Journal of Mathematics and Mathematics Education (AMEJ), 1(2), 78–89. https://doi.org/10.31537/amej.v1i2.2558

Issue

Section

Articles