Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Luas dan Volume Melalui Penerapan Media Gambar
DOI:
https://doi.org/10.31537/amej.v1i2.2557Keywords:
hasil belajar, luas dan volume, media gambarAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN curah Malang 02. Hal ini terjadi karena kegiatan pembelajaran yang monoton dan tidak melibatkan aktivitas siswa yang menyebabkan siswa yang mulanya aktif menjadi bosan, jenuh dan pasif.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti telah melakukan upaya peningkatan kemampuan belajar dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN curah Malang 02. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SD yang berjumlah 16 orang.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang prestasi akademik siswa pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian, data awal menunjukkan presentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 31,25% poin (kurang baik), meningkat menjadi 56,25% poin ,presentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 81,25% (baik) pada siklus 2, menunjukkan adanya peningkatan.Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan kinerja pembelajaran matematika siswa kelas VI SDN Buluk Malang 02.