Efektivitas Media Papan Hitung Geser Taktil terhadap Pemahaman Konsep Bilangan dalam Operasi Hitung Matematika Siswa Tunanetra

Authors

  • Dwi Noviani Sulisawati Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Diva Mayantika Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/amej.v1i1.2542

Keywords:

siswa tunanetra, media taktil, operasi bilangan, papan geser, pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media papan hitung geser taktil dalam meningkatkan pemahaman siswa tunanetra terhadap konsep bilangan dalam operasi hitung matematika. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan dua orang siswa tunanetra kelas II di SDLB Negeri Branjangan sebagai subjek penelitian satu dengan hambatan penglihatan total (total blind) dan satu lainnya dengan penglihatan terbatas (low vision). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, serta tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Hasil menunjukkan bahwa media tersebut mampu mengubah konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret melalui interaksi langsung. Peningkatan skor post-test mencerminkan perkembangan siswa dalam aspek kognitif (pemahaman bilangan dan operasi), psikomotorik (kemampuan motorik halus saat menggeser angka), dan afektif (motivasi, rasa percaya diri, dan kemandirian belajar). Secara keseluruhan, media papan hitung geser taktil terbukti efektif dalam menunjang proses belajar yang aktif, mandiri, dan sesuai dengan kebutuhan siswa tunanetra.

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Sulisawati , D. N. ., & Mayantika, D. (2025). Efektivitas Media Papan Hitung Geser Taktil terhadap Pemahaman Konsep Bilangan dalam Operasi Hitung Matematika Siswa Tunanetra. Al-Biruni: Journal of Mathematics and Mathematics Education (AMEJ), 1(1), 33–47. https://doi.org/10.31537/amej.v1i1.2542