ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGPRING O2
DOI:
https://doi.org/10.31537/amej.v1i1.2539Keywords:
Kesulitan Belajar, Operasi hitung, perkalian, pembagianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal operasi hitung perkalian dan pembagian, dan menentukan faktor penyebab kesulitan siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek 4 siswa kelas IV SDN Karangpring 02. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, tes, dan dokumentasi. Wawancara dan dilakukan untuk mengetahui secara mendalam terkait kesulitan yang dialami siswa selama pembelajaran, tes dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dan dokumentasi untuk pencatatan selama penelitian berlangsung. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat kesulitan yang dialami siswa dalam penyelesaian soal operasi hitung perkalian dan pembagian yaitu :(1) Nilai tempat pada perkalian bersusun, (2) kesalahan dalam proses penyelesaian perkalian bersusun (3) tidak bisa mengoperasikan porogapit dalam pembagian,(4) kesulitan menghafal perkalian 1 hingga 10. Fakor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa yakni faktor eksternal seperti: (1) suasana belajar yang tidak kondusif (2) metode mengajar guru yang monoton, Selain itu terdapat faktor internal antara lain : (1) rendahnya motivasi belajar (2) ketidakmampuan siswa dalam mengingat pembelajaran (3) kesulitan memahami pembelajaran (4) Kurangnya komunikasi antara guru dan siswa. (5) rendahnya minat belajar matematika