MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNADAKSA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PUBTAR "PUZZLE BANGUN DATAR" MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR

Authors

  • Dita Oktavia Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/amej.v1i2.2510

Keywords:

Motivasi belajar, puzzle bangun datar, tunadaksa

Abstract

 

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa tunadaksa kelas IX di SLB BCD YPAC dengan memanfaatkan media pembelajaran PUBTAR. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya semangat belajar peserta didik tunadaksa selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan bersama guru pamong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media PUBTAR terbukti efektif dalam mendorong peningkatan motivasi belajar siswa tunadaksa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada tahap awal, motivasi belajar siswa hanya mencapai 37,50%. Setelah siklus pertama, terjadi peningkatan menjadi 54,15%, dan pada siklus kedua meningkat secara signifikan hingga mencapai 87,50%. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan media PUBTAR memiliki pengaruh yang positif terhadap semangat belajar siswa tunadaksa kelas IX di SLB BCD YPAC. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan metode pembelajaran yang lebih inklusif dan menarik, serta memperkuat fungsi media PUBTAR sebagai sarana pembelajaran yang efektif dalam membangkitkan motivasi belajar mereka.

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

Oktavia, D. (2025). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNADAKSA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PUBTAR "PUZZLE BANGUN DATAR" MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR. Al-Biruni: Journal of Mathematics and Mathematics Education (AMEJ), 1(2), 59–68. https://doi.org/10.31537/amej.v1i2.2510

Issue

Section

Articles