Pengembangan Media Ular Tangga Edukatif dalam Menanamkan Nilai Nasionalisme pada Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.716Keywords:
Anak Usia Dini, Media pembelajaran, Ular Tangga, Ular Tangga Edukatif, Nasionalisme.Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan serta kualitas kelayakan media ular tangga edukatif dalam menanamkan nilai nasionalisme pada anak dengan rentang usia 5 hingga 6 tahun. Penelitian ini berjenis penelitian R and D (Research and Development) atau Penelitian dan Pengembangan dengan penggunaan data kualitatif serta kualitatif. Prosedur yang digunakan berupa tahapan penelitian dan pengembangan sebagaimana yang dijabarkan oleh Sugiyono dan disederhanakan menjadi enam tahapan berikut, yakni 1) Pengkajian Masalah dan Potensi, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) memvalidasi produk, 5) revisi produk dan 6) uji pemakaian produk. Masalah yang ditemukan melalui wawancara dengan guru kelas kelompok B (5-6 tahun) adalah kesulitan dalam menanamkan nilai nasionalisme. Langkah berikutnya peneliti mengoleksi data yang bersumber dari kegiatan wawancara agar dapat dilakukan analisis kebutuhan. Hasil analisis tersebut kemudian dipergunakan sebagai acuan dalam menentukan desain produk. Setelah produk selesai dibuat, setelah itu produk divalidasi oleh validator yang merupakan ahli media pembelajaran serta ahli materi guna mengukur kelayakan atau kualitasnya. Dari proses validasi tersebut diperolehlah skor rata-rata 4,916 dimana skor tersebut tervalidasi dengan penilaian “sangat baik” sehingga dapat dinyatakan dapat digunakan tanpa memerlukan revisi. Media ular tangga edukatif ditambahkan materi lagu daerah sesuai rekomendasi yang disampaikan oleh ahli media. Pasca penyempurnaan produk, tahapan selanjutnya yaitu mengujicobakan pemakaiannya. Tahap ujicoba produk difokuskan pada anak dengan rentang kelompok usia 5 hingga 6 tahun di TK Muslimat NU 53 Tanjungrejo. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa anak-anak tertarik pada media ular tangga edukatif ini serta materi nasionalisme yang ada di dalamnya. Anak-anak menjadi lebih mudah memahami materi nasionalisme. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ular tangga edukatif ini dapat memudahkan guru dalam menanamkan nilai nasionalisme pada anak usia 5-6 tahun.
References
Emzir. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif (1st ed.). Rajawali Pers.
Hasbi, M. D. (2019). Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini (N. D. Suwaryani (ed.)). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; Direktorat Pembinaan.
PI Pertiwi, H Hasanah, I Kharismawati. (2022). Pengembangan Media Permainan Kotak Ajaib Dalam Mengenal Bacaan Huruf Satu Suku Kata Pada Aspek Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5 (2).
KBBI. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). http://kbbi.web.id/nasionalisme.html
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.
Nutbrown, C., & Clough, P. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini. Pustaka Belajar.
Permadi, H. (2018). Pengembangan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Negeri Jakarta.
Presiden Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (Issue 195).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukardjo. (2018). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Prodi Teknologi Pembelajaran, PPS UNY.
Suryana, D. (2014). Dasar-dasar Pendidikan TK. Universitas Terbuka.
Wati, H. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Karakter Islami Anak Usia 4-6 Tahun. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Wulandari, D. (2017). Penanaman Nilai Nasionalisme pada Anak Usia 5-6 Tahun ditijau dari Penerapan Papan Jodoh Pancasila di TKIT Al-Husna Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Universitas Surabaya.
Zaman, B. (2014). Media dan Sumber Belajar PAUD. Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Diana Friwahyuni, Hisbiyatul Hasanah, Indah Kharismawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.