Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box pada Anak Usia 5-6 Tahun Guna Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis

Authors

  • Findi Dwi Wijayanti
  • Anik Lestariningrum
  • Ayu Titis Rukmana Sari

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.714

Keywords:

anak usia dini, media pembelajaran, explosion box, berpikir logis

Abstract

Penelittian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan produk media edukatif “Explosion Box” guna meningkatkan kemampuan berpikir logis pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Klampitan. Penelitian ini menggunaka metode reseach and development R&D. Kelayakan media pembelajaran didasari dengan validasi ahli media dan ahli materi yang telah dipilih oleh peneliti. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dengan kepala sekolah TK Dharma Wanita Klampitan. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan melalui serangkain uji coba validasi oleh ahli materi dan ahli media bahwa media Explosion Box dinyatakan layak digunakan dengan melalui revisi. Ahli media menyatakan bahwa hasil dari kelayakan memperoleh skor 93,3 sedangkan ahli materi memperoleh skor 88,63 yang artinya media Explosion Box dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif berpikir logis pada anak usia 5-6 tahun.

References

Anik Lestariningrum. (2017). Buku Perencanaan Pembelajaran.

Anik Lestariningrum. (2014). Pengaruh Penggunaan Media VCD Terhadap Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak. PG PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275

Suryana, D. (2016). Stimulasi & aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana., 71. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=qQRBDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA245&dq=sejarah+pendidikan+anak+usia+dini+&ots=LzpgmobKlv&sig=OnHqhjOdsYYP0tRVyo3jmCa7pS8&redir_esc=y#v=onepage&q=sejarah pendidikan anak usia dini&f=false

AUD_ISBN_9786026135544.pdf. In Adjie Media Nusantara.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Konsep dasar pendidikan anak usia dini buku. (n.d.).

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Penulis, K., Dharmastuti, A. W., Chandra, A., Sagala, D., & Karmila, M. (2022). Pengaruh Media Belajar Wayang Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun. 5(2), 47–52. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.10

Permendikbud 137-2014 StandarNasionalPAUD. (n.d.).

Rakimahwati, R., Ismet, S., & Roza, D. (2021). Studi pengembangan Psikolinguistik Anak dengan Game Interaktif Berbasis Role Playdi Taman Kanak-kanak Fadhillah Amal 3 Kota Padang. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1955–1964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.934

Retnaningrum, W., Umam, N., Pendidikan Islam Anak Usia Dini, D., & Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap, U. (n.d.). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. In Nasrul Umam Jurnal Tawadhu ? (Vol. 5, Issue 1).

Syarifudin, A. (2020). No Title. 2507(February), 1–9.

Uin, H., Maulana, S., & Banten, H. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. In Jurnal Kajian Keislaman (Vol. 4, Issue 2). http://www.aftanalisis.com

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. (N.D.).

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Wijayanti, F. D., Lestariningrum, A., & Sari, A. T. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box pada Anak Usia 5-6 Tahun Guna Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 40–45. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.714

Issue

Section

Articles