Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book pada Materi Pokok Mengenal Tanaman Buah untuk Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.713Keywords:
Media pembelajaran, busy book, tanaman buah, Anak Usia Dini 4-5 tahunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan kualitas produk media busy book pada materi pokok mengenal tanaman buah untuk anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D), dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Prosedur penelitian pengembangan ini meliputi; potensi masalah, pengumpulan data penelitian, desain media pembelajaran, validasi media pembelajaran, revisi media pembelajaran, uji coba media pembelajaran. Masalah diperoleh dari temuan oleh peneliti melalui wawancara kepada guru kelas TK Raudlotul Jannah. Masalah atau kendala yang terjadi di sekolah mengenai kurangnya fasilitas media pembelajaran, oleh sebab itu pendidik kesulitan untuk menjelaskan materi pembelajaran di kelas dan anak menyebabkan anak kurang tertarik dalam memahami materi pembelajaran di sekolah. Setelah melakukan pengumpulan data hasil analisis kebutuhan, selanjutnya mendesain produk yaitu media pembelajaran Busy Book, dan dilanjutkan dengan memvalidasi produk media pembelajaran. Validator produk media pembelajaran dilakukan oleh ahli media pembelajaran, kepala sekolah, dan guru. Hasil validasi keempat validator diperoleh skor nilai 4,755 yang dikategorikan “baik” serta layak digunakan. Setelah itu dilakukan uji coba pemakaian produk kepada anak usia 4-5 tahun di TK Raudlotul Jannah Jenggawah. Hasil dari uji coba pemakaian produk anak mempunyai ketertarikan pada media dan lebih mudah mengenal bentuk dan nama buah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media busy book ini, guru dan siswa terbantu dalam mengenal bentuk dan nama buah.
References
Anggraini, Ria. (2021). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di Kelompok B TK As-Shofa Kota Jambi. Skripsi tidak diterbitkan. Jambi: FTK UIN STS.
Demawati. (2018). Perkembangan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Tk Islam Nurhasanah Kec. Suka Bumi Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: FTK UIN Raden Intan.
Hasririn. (2021). Pengembangan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Di Ra Al Misbah Koto Nan Tuo Barulak Kec. Tanjung Baru Kab. Tanah Datar. Skripsi tidak diterbitkan. Batusangkar: FTIK IAIN Batusangkar.
Maryana, Ledia. (2018). Pengaruh Permainan Playdough Terhadap Kreativitas Anak di Paud Darul Hikmah Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: FTT IAIN Bengkulu.
Nurhidayah, S dkk. (2021). Pengembangan Media Busy Book pada Guru PAUD dikKecamatannPattalassangkKabupaten Takalar. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1 (1): 54.
Nurlaela, Lela. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di Play Group Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: FTK UIN Raden Intan Lampung.
Nurwahyuni. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Di Tk Ar-Rahimi Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. Makasar: FKIP UM Makasar.
Pasha, Angelin Leony. (2021). Pengembangan Media Buku Aktivitas pada Tema 1 Subtema 1 di Kelas III A SDN 014 Tarakan. Skripsi tidak diterbitkan. Tarakan: FKIP UBT.
PI Pertiwi, H Hasanah, I Kharismawati. (2022). Pengembangan Media Permainan Kotak Ajaib Dalam Mengenal Bacaan Huruf Satu Suku Kata Pada Aspek Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5 (2), 50-54.
Putra, Ardika Thofan. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: FTK UIN Raden Intan.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: CV ALFABETA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sheila Nadia Kirana, Indah Kharismawati, Hariyanto Hariyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.