Pengembangan Media Pembelajaran Buku Jilid dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4 Tahun di RA Az-Zahrah
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.712Keywords:
Pengembangan media, buku jilid, mengenal hurufAbstract
Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media Buku Jilid yang layak digunakan untuk anak usia 4 tahun di RA Az-Zahrah; (2) Mengetahui pelaksanaan pengembangan media pembelajaran Buku Jilid dalam meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak usia 4 tahun di RA Az-Zahrah, Tempurejo, Jember. Penelitian ini dilakukan dengan model penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan cara validasi ahli media dan bahasa, lembar obsevasi dan dokumentas. Hasil penelitian ini mendapat validasi dari ahli media sebesar 87,5% dan dinyatakan “sangat layak”. Penilaian oleh ahli bahasa mendapat skor persentasi 87,5%, dan dinyatakan “sangat layak”. Sedangkan pada tahap observasi sebelum menggunakan media mendapat prosentase BB (Belum Berkembang) yaitu dengan skor rata-rata prosentase 34,8%, dan pada tahap observasi sesudah uji coba produk skor persentase meningkat menjadi 50,5%.
References
Astuti, M. D. (2022). Pembelajaran Berbasis Multimedia Dan Pembelajaran Konvesional. Jurnal Penelitian, Vol. 10 No. 1, Februari 2016, 10 No. 1, 4.
Astuti, M. D. (2022). Perangkat Ajar Alat Musik Dan Lagu Tradisional Indonesia Untiuk Pendidikan Anak Sekolah Dasar Berbasis Multi Media. Jurnal Tenik Dan Ilmu Komputer, 7, 41.
Chandra, R. D. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Mengenalkan Huruf Dan Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. In Tesis, Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Mengenalkan Huruf Dan Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun.
Chandra, R. D. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf dan Lambang Bilangan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Hamzah, N. (2015). Metode-Metode Pembelajaran Karakter UAD. (M. Habiburrahman, Ed.) Tasikmalaya: Edu Publiser.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4 No. 2, 129-134.
Huda, M. (2016). Pembelajaran Berbasis Multi Media Dan Pembelajaran Konvensional. Penelitian Vol. 10 No. 1 Februari 2016, 10, 125-146.
Kusnandi, D. C. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta.
Laili, G. H. (2021). Penerapan Media Roda Putar Puzzle Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 83-90.
Mariana. (2020). Pengembangan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Ananda Putri Deli Serdang Tahun Ajaran 2019/2020. In Skripsi. Medan.
Richey. (1994). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, vol. 3 No. 2, 65-66.
Susilowati, O. (2021). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: erlangga.
Suswati, I. (2011). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tentang Mengenal Huruf Abjad Melalui Media Audio Pembelajaran Interaktif Pada Anak Kelompok A. 1.
Wicaksana, A. (2022). pengembangan. pengembangan, 10, 3-7.
Zubaidah, E. (2004). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Teknik Pengembangannya Di Sekolah. Cakrawala Pendidikan, November 2004, Th. XXII, no. 3, 459-460.
Russel, T. (1998). An Alternative Conception: Representing Representation. In P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science, 62-84. London: Routledge.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Oni Asri Aprilianti, A Zulkarnain Ali, Ratnasari Dwi Ade Chandra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.