Stimulasi Kecerdasan Linguistik Verbal Anak Usia Dini Melalui Variasi Lagu
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.711Keywords:
Kecerdasan linguistik-verbal, anak-anak, lagu, kosakataAbstract
Kecerdasan linguistik-verbal memegang peranan penting dalam kehidupan. Kecerdasan ini merupakan kemampuan berbahasa seseorang baik secara lisan atau tulisan. Dengan memiliki kemampuan ini seseorang dapat berkomunikasi secara efektif yang mencakup keempat aspek bahasa yaitu mendengar, menulis, membaca, dan berbicara. Kecerdasan linguistik anak umur 4-5 tahun dapat distimulasi dengan mengajarkan mereka bernyanyi melalui variasi lagu yang berisikan kosakata yang berbeda-beda. Lagu-lagu tersebut berjudul “Aku Sudah Tahu”, “Rumahku”, “Pulang Sekolah”, dan “Senandung Al Qur’an”. Penelitian ini mencoba mengamati bagaimana variasi lagu yang diajarkan kepada anak-anak tersebut dapat memperkaya kosakata mereka. Metode penelitian kualitatif dipilih untuk memperoleh data yang sistematis melalui wawancara, teknik simak catat dan observasi. Hasil dari pengamatan ini akan diketahui ketika anak usia 4-5 tahun berhasil menyanyikan ulang lagu-lagu tersebut dengan benar.
References
Endraswara, S. (2009). Metodologi Penelitian Folklor. Yogyakarta: Media Pressindo
Lwin, dkk. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: PT. Indeks.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia grup
Martuti. (2008). Mengelola PAUD. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Sutopo, HB. (2006). Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran AUD Dalam Kajian Neusains. Bandung: PT. Remaja Resdakarya.
Ulwiyah, I. (2019). Pengarruh Story-Reading (Buku Bilingual) Terhadap Perkembangan Kecerdasan Linguistik AUD. Journal of Elementary School (JOES), 2(2), 40-49
Yuliani, N. S, dkk. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Imaratul Ulwiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.