Pembuatan Karya Inovatif Alat Peraga Kipas Jepit Pintar di TK Negeri Karangsari

Authors

  • Ismiyati Ismiyati

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.708

Keywords:

Alat Peraga, Kipas Jepit Pintar, Pengalaman Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat alat peraga kipas jepit pintar. Alat peraga kipas jepit pintar ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar kognitif dan afektif kepada anak TK sehingga dapat dikategorikan sebagai permainan edukatif. Penggunaan alat peraga kipas jepit pintar ini diharapkan dapat memberi wacana baru pada proses pembelajaran anak; meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar pada anak didik; kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien karena suasana senang dengan alat peraga yang menarik; membangkitkan minat dan rasa keingintahuan pada anak; anak lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru; mendorong guru menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam membuat dan mengembangkan alat pendidikan edukatif, kreatif dan inovatif di PAUD /TK; dan pemanfaatan barang – barang bekas menjadi barang yang lebih berguna. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa alat peraga kipas jepit pintar mampu memberikan pengalaman belajar kognitif dan afektif kepada anak di TK Negeri Karangsari Kota Blitar.

References

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan, Yogyakarta: Gava Media.
Mansyur. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riany, A. (2009). Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar untuk Anak Usia 0-1 Tahun. Bandung: Sandiarta Sukses.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zaman, B., et al. (2009). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Ismiyati, I. (2022). Pembuatan Karya Inovatif Alat Peraga Kipas Jepit Pintar di TK Negeri Karangsari. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 1–7. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.708

Issue

Section

Articles