Pemanfaatan Aplikasi ‘English For Kids’ untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini

Authors

  • Imaratul Ulwiyah

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.707

Keywords:

aplikasi, kosakata bahasa Inggris, anak-anak, gambar, pemainan edukatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan aplikasi ‘English for Kids’ dalam pemerolehan kosakata bahasa Inggris bagi siswa TK Ar-Risalah Kaliwining Rambipuji anak usia 5-6 tahun. Aplikasi ini disajikan dalam bentuk gambar, kuis ataupun permainan edukatif sehingga membuat proses belajar menjadi lebih komunikatif dan menyenangkan. Terdapat 20 jenis kosakata, namun hanya 4 (empat) jenis saja yang dipelajari yaitu Numbers (Angka), Colors (Warna), Family (Keluarga), dan Animals (Hewan). Metode penelitian kualitatif dipilih untuk memperoleh data yang sistematis melalui wawancara, teknik simak catat dan observasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil atau nilai yang diperoleh dari evaluasi yang dikerjakan siswa pada 3 fase yang menyertai yaitu Writing (merangkai kata), Find the word (mencocokkan gambar dengan kata), dan Find the picture (mencocokkan kata dengan gambar). Nilai yang diperoleh dari setiap evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan. Peningkatan tersebut disebabkan oleh penyajian materi dalam aplikasi ‘English for Kids’ yang memadukan keempat keterampilan berbahasa dan strategi pemerolehan kosakata yakni peniruan, pengalaman langsung, mengingat, dan bermain membuat belajar lebih terstruktur dan menyenangkan layaknya sedang bermain ‘game’. Keberhasilan pemerolehan kosakata tersebut juga tidak luput dari peran orang tua yang senantiasa mendampingi anak-anak selama proses pembelajaran.

References

Aplikasi “English for Kids’ (Bahasa Inggris untuk Anak.
Carmelita, W. (2021). 4 Keterampilan Berbahasa Dasar yang Penting Dikuasai Anak. (Online), https://bestariedu.com
Guan, Nan, et al. (2018). On the Advantages of Computer Multimedia-aided English Teaching. Procedia Computer Science 131: 727-732.
Hossain, M. (2018). Exploiting Smartphones and Apps for Language Learning: A case study with the EFL Learners in a Bangladeshi University. Review of Public Administration and Management 6 : 241.
https://id.m.eikipedia.org-Definisi aplikasi
Iskandarwassid, DS. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.
Rosdiani, D. (2012). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Suherdi, D. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemi. Deli Serdang: Cattleya Darmaya Fortuna.
Sutopo, H.B. (2006). Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Ulwiyah, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi ‘English For Kids’ untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 82–90. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.707

Issue

Section

Articles