Pengaruh Model Pembelajaran Kelompok Terhadap Kemampuan Berfikir Simbolis Mengenal Lambang Bilangan 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun di POS PAUD Dahlia 64

Authors

  • Ratnasari Dwi Ade Chandra
  • Ahmad Afandi
  • Kustiyowati Kustiyowati
  • Zulyan Marina

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.706

Keywords:

Model Pembelajaran Kelompok, Kemampuan Berfikir Simbolis

Abstract

Tujuani dari penelitian ini yaitu untuk mempelajari lebih lanjut tentang apakah ada pengaruh model pembelajaran kelompok terhadap kemampuan berfikir simbolis mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah Pos PAUD Dahlia 64 Sumberjeruk Kalisat, yang berjumlah 12 anak dengan menggunakan penelitian populasi dan sampel. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Menggunakan teknik analitik data korelasi product momen untuk menentukan ada atau tidaknya pengaruh tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan maka diketahui hasil perhitungan dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai r hitung lebih besar dibandingkan dengan r tabel. Dimana hasil r hitung yakni 0,999 dan r tabel n=12 yakni 0,576 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dengan diterimanya H1 maka ada pengaruh model pembelajaran kelompok terhadap kemampuan berfikir simbolis mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di POS PAUD Dahlia 64 Sumberjeruk, Kalisat, Jember.

References

Ahmad, Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana.
Arikunto, S. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dali, N. (1980). Berhitung Sejarah dan Pengembanganya. Jakarta: PT. Gramedia.
Farida Yusuf, A. S. (2018). Buku Pedoman Pengelolaan Kelas. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendiknas. (2010). Kumpulan Pedoman Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Kemetuiqn. (2018). buku pedoman pengeloaan. Dalam d. p. paud, buku (hal. 16). jakarta: kementiqb.
Latipun. (2004). Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.
Leni Hardiyanti, S. L. (2018). Penggunaan Media dan Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini. Jurnal Vol 4 No 1.
Margawati, Y. K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kelompok Terhadap Kemampuan Sosio Emosional Kelompok B. Jurnal Vol 4 No 2.
Martiyaningsih, E. (2005). Dokumen Pos PAUD Dahlia 64 Sumberjeruk Kalisat. Jember: Pos PAUD Dahlia 64 Sumberjeruk.
Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Nursyamyiah, H. (2019). Kampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Lireri A Vol 2, No 6, 288-289.
Purnama, H. M. (2019). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: Raja Grafindo Persada.
RI, P. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 23 Tahun 2003. Jakarta: Kemendikbud.
RZ, A. I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok di Pendidikan Anak Usia DiniIndragiri Hilir Peduli Tembilahan. STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, 18.
Sabdaningtyas, L. H. (2018). Hubungan Penggunaan Media Dengan Kemampuan Berfikir Smbolik Anak Usia Dini. 2018 vol 4 No 1, hal. 1-9.
Soedadiadmojo, S. S. (1983). Matematika 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudaryanti. (2006). Pengenalan Matematika Untuk Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif R&D. Dalam Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (hal. Cetakan ke 24). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
UU/Peraturan Menteri. (2003). Undang-Undang sistem Pendidikan Nasional . Jakarta: Kemendikbud.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Chandra, R. D. A., Afandi, A., Kustiyowati, K., & Marina, Z. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kelompok Terhadap Kemampuan Berfikir Simbolis Mengenal Lambang Bilangan 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun di POS PAUD Dahlia 64. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 76–81. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.706

Issue

Section

Articles