Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Anak pada Masa Pandemi (Stusi Kasus POS PAUD Manggis 22 Desa Darsono Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember)
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.703Keywords:
Peran orangtua, pendidikan anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor lingkungan keluarga anak kesulitan belajar di masa pandemi pada kelompok B di lembaga POS PAUD Manggis 22 Desa Darsono Kabupaten Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengambilan data diantaranya, dokumentasi, dan wawancara. Tekhnik keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi. Adapun kesimpulan yang berisi paparan secara ringkas tentang hal-hal yang menjadi pokok permasalahan studi ini, diantaranya: (1). Kondisi lingkungan keluarga anak kesulitan belajar pada masa pandemi yang dipengaruhi oleh kondisi orang tua dengan pendidikan rendah, yaitu karena keterbatasan orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah. Orang tua tidak memiliki strategi seperti seorang guru yang memiliki kreativitas mengajar. (2). Kurangnya sarana dan prasarana di rumah, misalnya: tidak adanya tempat belajar yang menyenangkan bagi anak. (3) Adanya Pola Asuh anak yang keliru, diantaranya: (a) Kurangnya penerapan sikap disiplin terhadap anak dalam keluarga, (b). Memanjakan anak atau terlalu menuruti keinginan anak.
References
Mulyani, N. (2016). Dasar Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. KALIMEDIA.
Mutmainnah. (2019). Lingkungan Dan perkembangan Anak Usia Dini Dilihat Dari Perspektif Psikologi. Gender Equality: International journal of child and gender studies, 5 (2).
Noorani. (2018). Melindungi Anak Dan Keluarga dari COVID-1. UNICEF
Nurhayati. (2015). Melukiskan Akuntansi Dengan KUAS Interpretif. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3 (1).
Oktari, P.R. (2019). Kesulitan Anak Usia Dini Dalam Berinteraksi Sosial di TK Negri 09 Bengkulu Selatan. Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Prasanti. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6 (1).
Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Winarsih, S.D. (2017). Analisi Kesulitan Guru PAUD dalam Membejarakan IPA Pada anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5 (1).
Wiyani, N.A. (2013). Manajemen Kelas (Teori Dan Aplikasi Untuk Menciptakan kelas yang kondusif). Yogyakarta: AR RUZZ Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Juhai Juhai, Eky Prasetya Pertiwi, Sugihartatik Sugihartatik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.