Pengaruh Film “Riko The Series“ Terhadap Perkembangan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al-Ikhlas Desa Serut Kecamatan Panti Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Sischa Herfiana Rosyida
  • Ianatuz Zahro
  • Hanif Rafika Putri

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.702

Keywords:

Film Riko The Series, Perkembangan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan peneliti pada tanggal 8 Maret 2021 di kelompok A, diperoleh informasi bahwa perkembangan kosakata anak kelompok A cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh film Riko The Series terhadap perkembangan kosakata anak usia 4-5 tahun di TK Al-Ikhlas Desa Serut Kecamatan Panti Tahun Ajaran 2021/2022. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah TK Al-Ikhlas Desa Serut Kecamatan Panti dengan menggunakan metode kuantitatif dan teknik population research. Perkembangan kosakata anak sangat penting bagi siswa, agar siswa dapat berkomunikasi dengan lancar antara teman sebaya maupun orang yang lebih tua dan dapat menambah kosakata anak yang telah mereka dengar. Metode yang dipakai adalah regresi sederhana. Design yang digunakan adalah pre-experimental design dengan jumlah yang diteliti 13 siswa dari kelompok A. Dari perhitungan regresi nilai Y’ diketahui hasil sebesar 17,83 dan dari perhitungan uji-t dengan taraf signifikan ?=5% diperoleh hasil thitung = 6,94 lebih besar dari ttabel = 2,174 yang menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kosakata anak usia 4-5 tahun di TK Al-Ikhlas Desa Serut Kecamatan Panti.

References

Admin PAUD. (2016). Memahami Pendidikan Anak Usia Dini. (http://paud.kemdikbud.go.id/2016/03/30/memahami-pendidikan-anak-usia-dini/) diakses 15 April 2021.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Darojah, R. U. (2011). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melaporkan Media Film Animasi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.
Hurlock, B. E. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Jannah, N.G. dkk. (2016). Pengaruh Pengunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara Kelompok A TK Nurul Huda Demak Tahun Pelajaran 2016/2017.
Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Negara, I.G.A.O. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Quantum Menggunakan Media Film Animasi Terhadap Perkembangan Kemampuan Kosakata Pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (3): 348-357.
Nurhayati. (2020). Pengaruh Film Kartun Terhadap Kemampuan Bercerita Anak usia 4 sampai 5 Tahun Pada PAUD Nurhidayah. Jurnal Ilmu Budaya, 8 (2): 379-386.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.137 Tahun 2014 Tentang Standart Nasioanl Pendidikan Anak Usia Dini.
Sardiman, A. dkk. (2006). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana & Rivai. (1992). Media Pengajaran. Bandung: C.V Sinar Baru Bandung.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Intan Madani.
Sumiharsono, R., dkk. (2016). Media Pembelajaran. Jember: Pustaka abadi.
Tarigan, G. H. (1994). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Penerbit Angkasa.
Zamris, H., dkk. (2001). Penelitian Film Anak di TV dalam Rangka Pengembangan Program Pendidikan Budi Pekerti. Jurnal Teknodik, 9 (5): Pustekom dan Informasi Pendidikan Depdiknas.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Rosyida, S. H., Zahro, I., & Putri, H. R. (2022). Pengaruh Film “Riko The Series“ Terhadap Perkembangan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al-Ikhlas Desa Serut Kecamatan Panti Tahun Ajaran 2021/2022. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 55–59. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.702

Issue

Section

Articles