Pengembangan Media Permainan Kotak Ajaib dalam Mengenal Bacaan Huruf Satu Suku Kata pada Aspek Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Pawestri Indah Pertiwi
  • Hisbiyatul Hasanah
  • Indah Kharismawati

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.701

Keywords:

Pengembangan media, permainan mengenal bahasa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pengembangan dan kualitas media permainan kotak ajaib dalam mengenal bacaan huruf satu suku kata pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini yaitu R and D (Research and Development), data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Prosedur pengembangan media yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk dan uji pemakaian produk. Masalah diperoleh dari hasil wawancara kepada guru kelas di TK Dewi Masyithoh 53 Kasiyan Timur yaitu kesulitan dalam mengenal bacaan huruf, hal ini dilakukan untuk memenuhi analisis kebutuhan penelitian. Setelah pengumpulan data dari hasil analisis kebutuhan, dilakukan desain produk dilanjut dengan validasi produk. Validasi produk dilakukan oleh ahli bahasa, ahli media dan guru kelas. Hasil validasi oleh tiga validator diperoleh skor 4,562 dengan kategori “sangat baik” serta layak digunakan dengan revisi produk. Setelah dilakukan revisi produk, dilakukan uji coba pemakaian produk kepada anak usia 5-6 tahun di TK Dewi Masyithoh 53 Kasiyan Timur. Hasil dari uji coba pemakaian produk, anak mempunyai ketertarikan pada media dan lebih mudah mengenal bacaan huruf. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kotak ajaib ini, guru dan siswa menjadi terbantu dalam mengenalkan bacaan huruf.

References

Dasi, R.D.H.S. (2019). Pengembangan Media Kotak Ajaib pada Materi Pokok Mengenal Pola Bilangan Melalui Gambar atau Benda dalam Subtema Gemar Membaca untuk Siswa Kelas I di Sekolah Dasar. Yogyakarta. (https://repository.usd.ac.id/12010/2/131134248 full.pdf), diakses 24 Februari 2021.

Emzir. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Santrock, J.W. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiharti, E. W. (2020). Pengembangan Media Creativity Box untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Malang. UIN Malang (http://etheses.uin-malang.ac.id/23073/1/16160019 .pdf), diakses 24 Februari 2021.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo. (2008). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Prodi Teknologi Pembelajaran, PPS UNY.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Pertiwi, P. I., Hasanah, H., & Kharismawati, I. (2022). Pengembangan Media Permainan Kotak Ajaib dalam Mengenal Bacaan Huruf Satu Suku Kata pada Aspek Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 50–54. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.701

Issue

Section

Articles