Kolaborasi Motherly Leadership dan Pembelajaran Daring Terhadap Peningkatan Capaian Perkembangan AUD dan Kepuasan Wali Murid AUD di Jawa Timur

Authors

  • Nike Norma Epriliyana
  • Ratnasari Dwi Ade Chandra
  • Ade Irma Noviyanti

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v5i1.612

Keywords:

Motherly Leadership, Pembelajaran Daring, Capaian Perkembangan AUD, Kepuasan Wali Murid

Abstract

Penelitian ini terinspirasi dari kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan sejumlah lembaga PAUD/TK/RA/IGRA selama pandemi Covid – 19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana  kolaborasi antara kepemimpinan motherly leadership kepala sekolah dan kegiatan pembelajaran daring yang diselenggarakan guru, akan dapat mempengaruhi tingkat capaian perkembangan AUD dan kepuasan wali murid AUD. Penelitian Deskriptif kuantitatif ini menggunakan analisis jalur. Responden berjumlah 350 yang terdiri dari guru dan wali murid pada 50 lembaga PAUD/TK/RA/IGRA yang tersebar di Jawa Timur yang terdiri dari Kabupaten Jember, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket yang disebar secara online. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara kuantitatif,  variabel motherly leadership (X1) berpengaruh secara langsung terhadap capaian perkembangan AUD  (Z) yang ditunjukkan dengan t = 0,986; sig.000. Variabel pembelajaran daring (X2)  berpengaruh secara langsung terhadap capaian perkembangan AUD yang ditunjukkan dengan t = 0,955; sig. = 0,000. Variabel  motherly leadership (X1) berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan wali murid AUD (Y) yang ditunjukkan dengan t = 0,805; sig.000. Variabel pembelajaran daring (X2) berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan wali murid AUD  (Y) yang ditunjukkan dengan t = 0,776; sig.000. Variabel capaian perkembangan AUD (Z) berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan wali murid AUD  (Y) yang ditunjukkan dengan t = 0,779; sig.000.

References

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.
Sarwono. (2014). SPPS 16.00 itu Mudah. Yogyakarta: Andi Offset.
Sri, K. U. (2014). E-Learning: Technological Development in Teaching for school kids. International Journal of Computer Science and Information Technologies, 5(5), 6124–6126.
Toseeb, U., Pickles, A., Durkin, K., Botting, N., & Conti-Ramsden, G. (2017). Prosociality from early adolescence to young adulthood: A longitudinal study of individuals with a history of language impairment. Research in Developmental Disabilities, 62, 148–159. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2017.01.018.
Yolanda & Nasution. (2014). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru dan Pegawai TK Hidayatullah Batam. Jurnal Equilibria. Vol 1., No.1. 2014.
Wiyani. (2018). Peningkatan Kepuasan Wali Murid pada Layanan PAUD melalui Praktik Motherly Leadership di KB ABACA Bumiayu. Jurnal Martabat, Vol. 2, No. 1 Juli 2018.
Wulandari, et al. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak –Kanak selama pembelajaran daring di Masa Pandemi Covid – 19. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5 , No. 2, 2021.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Epriliyana, N. N., Chandra, R. D. A., & Noviyanti, A. I. (2021). Kolaborasi Motherly Leadership dan Pembelajaran Daring Terhadap Peningkatan Capaian Perkembangan AUD dan Kepuasan Wali Murid AUD di Jawa Timur. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(1), 39–49. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i1.612

Issue

Section

Articles